Santai

4 Tanda Orang Bersifat Dewasa, Apakah Anda Termasuk? Cek Di Sini

4 Tanda Orang Bersifat Dewasa, Apakah Anda Termasuk? Cek Di Sini

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda termasuk dalam kategori orang yang memiliki sifat dewasa? Coba cek tandanya di sini.

Kedewasaan adalah kondisi di mana seseorang menyadari hal-hal yang terjadi di sekitarnya dengan bijaksana.

Tak semua orang dewasa memiliki sifat dewasa walaupun telah berumur. Sifat dewasa biasanya ditunjukkan dari cara berpikir, sikap, dan juga sifat yang dimiliki seseorang.

Ada beberapa tanda yang bisa dilihat untuk mengukur kedewasaan seseorang. Berikut adalah beberapa tanda yang biasanya ditunjukkan oleh seseorang yang sudah memiliki sifat dewasa:

Baca Juga: 3 Jenis Tidur Siang Paling Umum, Sudah Tahu Belum?

Tidak mudah tersinggung

Melansir dari laman Huff Post, tanda lain yang bisa dijadikan tanda seseorang telah dewasa adalah tidak mudah tersinggung, mendapatkan validasi, dan membuktikan segala hal pada orang lain.

Orang yang telah mencapai kedewasaan biasanya memiliki sifat yang lebih tenang, tidak mudah tersinggung, tidak mudah emosi, dan bahkan mampu memaafkan orang lain.

Tidak banyak berargumen

Ciri yang menunjukkan kedewasaan seseorang adalah tidak banyak membuang waktu untuk memenangkan argumen dengan orang lain. Orang yang telah dewasa mampu membedakan mana hal yang patut diberi argumen atau tidak.

Dengan tidak banyak berargumen, seseorang yang telah dewasa akan memberikan kesempatan orang lain untuk menyampaikan pendapatnya. Sehingga, ia memiliki kesempatan untuk melihat argumen orang lain dari sudut pandang lain.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Pasangan Red Flags, Jangan Terjebak Ya!

Bertanggungjawab

Bertanggungjawab terhadap dirinya dan juga hal-hal di sekitarnya juga merupakan salah satu tanda seseorang telah dewasa.

Orang yang telah memiliki kedewasaan tidak mudah bergantung dengan orang lain dan tidak mudah menyalahkan orang lain.

Orang yang telah dewasa menyadari bahwa kebahagiaan, pekerjaan, kehidupan dan juga kesehatan yang dimilikinya adalah tanggungjawabnya sendiri.

Lebih banyak mendengarkan

Ciri atau tanda utama dari seseorang yang sudah mengalami fase kedewasaan adalah lebih banyak mendengarkan orang lain dan lebih sedikit berbicara, terutama tentang dirinya sendiri.

Laman Life Hack menjelaskan, orang yang sudah dewasa cenderung lebih suka mendengarkan karena akan mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan termasuk menilai kepribadian orang lain. Sehingga, kemudian bisa menentukan cara untuk bertindak dengan tepat.

Nah, itulah tadi tanda orang yang memiliki sifat dewasa. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News