ads

4 Tanda Kulit Membutuhkan Eksfoliasi, Yuk Catat!

Reporter: Ana Risma
Senin, 27 Juni 2022 | 18:30 WIB
4 Tanda Kulit Membutuhkan Eksfoliasi, Yuk Catat!


MOMSMONEY.ID - Cuci muka saja tidak cukup. Agaknya, anggapan tersebut memang benar adanya. Selain rajin mencuci muka, kita juga memerlukan perawatan ekstra untuk membersihkan kulit wajah dengan lebih maksimal salah satunya dengan melakukan eksfoliasi atau pengelupasan.

Mengapa eksfoliasi penting? Karena, rutinitas skincare ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang tidak bisa dilakukan oleh facial wash.

Saat Anda teratur melakukan eksfoliasi, wajah akan lebih mudah terlihat glowing. Sebaliknya, malas eksfoliasi hanya akan mendatangkan berbagai permasalahan kulit.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Berminyak, Harga Mulai Rp 8.000-an

Apakah Anda termasuk orang yang rajin atau justru malas melakukan eksfoliasi? Jika 4 tanda-tanda yang dilansir dari Insider dan Mayvenn ini ada pada kulit Anda, itu artinya kulit Anda membutuhkan eksfoliasi.

1. Kulit menjadi kering dan mengelupas

Jika kulit Anda mulai terasa kering dan dipenuhi dengan serpihan yang mengelupas, itu artinya Anda perlu melakukan eksfoliasi segera mungkin.

Eksfoliasi dimaksudkan untuk membantu proses alami tubuh dalam hal menyingkirkan sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Adapun cara terbaik yang bisa Anda terapkan untuk mengelupas serpihan kulit yang kering akibat penumpukan sel kulit mati adalah dengan menggunakan exfoliator kimia. Pasalnya, kandungan asam seperti AHA dalam exfoliator kimia bisa merobek serpihan yang mengering dengan mudah sekaligus mengangkat sel kulit mati dengan lembut.

2. Kulit jadi lebih berminyak

Faktanya, wajah yang semakin berminyak bisa menjadi indikator bahwa kulit Anda membutuhkan eksfoliasi.

Saat Anda malas eksfoliasi, itu bisa membuat kulit mengalami kesulitan untuk mempertahankan kelembabannya. Akibatnya, kulit yang kering akan memaksa kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak guna mengembalikan kelembaban.

Untuk membantu menghilangkan minyak berlebih pada wajah, Anda bisa mengombinasikan exfoliator kimia yang mengandung salicylic acid dengan exfoliator fisik seperti brush.

3. Kulit terlihat kusam

Tanda selanjutnya yang menunjukkan bahwa kulit Anda membutuhkan eksfoliasi yaitu wajah terlihat kusam dan tidak bernyawa.

Salah satu cara utama yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan cahaya pada kulit tentu saja dengan melakukan eksfoliasi. Melalui eksfoliasi, sel-sel kulit mati yang menumpuk akan tersingkir dan sel kulit baru yang bercahaya pun akan muncul ke permukaan. Alhasil, wajah Anda tidak akan terlihat kusam lagi.

4. Skincare tidak menyerap dan makeup tidak menempel dengan baik

Apakah produk skincare yang Anda gunakan tidak menunjukkan hasil apapun? Atau, produk makeup yang Anda aplikasikan tidak menempel dengan baik pada wajah Anda?

Kemungkinan besar, hal itu terjadi karena Anda jarang melakukan eksfoliasi.

Malas eksfoliasi hanya akan menghasilkan kulit yang kering dan kasar. Jika dibiarkan, kondisi kulit yang demikian akan menghambat penyerapan produk skincare yang Anda gunakan.

Hal yang sama juga berlaku untuk makeup. Kulit yang kering dan kasar akibat penumpukan sel kulit mati akan membuat produk makeup yang Anda pakai tidak menempel dengan baik di atas kulit. Akibatnya, hasil makeup cenderung terlihat tidak segar dan jauh dari kata mulus.

Moms, itulah 4 tanda yang menunjukkan bahwa kulit membutuhkan eksfoliasi. Jika keempat tanda di atas ada pada kulit Anda, pastikan untuk mulai rajin melakukan eksfoliasi setidaknya 2-3 kali per minggu ya. Dengan rajin eksfoliasi, kulit wajah Anda pun akan terlihat lebih sehat dan semakin sedap dipandang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru
TERPOPULER