HOME, Bugar

4 Seafood yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

4 Seafood yang Aman Dikonsumsi Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Seafood memang rentang dikonsumsi pada saat kehamilan. Pasalnya, banyak orang di Indonesia masih percaya akan beberapa makanan yang harus dihindari saat hamil, seperti ikan. 

Beberapa orang percaya bahwa makan ikan saat hamil akan membuat anaknya menjadi bau amis. Namun, itu hanyalah sebuah kepercayaan turun temurun yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. 

Secara ilmiah, justru ikan diperlukan saat proses kehamilan sebagai sumber protein yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Dilansir dari Hello Motherhood, ibu hamil harus tetap berhati-hati dalam memilih seafood untuk menghindari kontaminasi berbahaya seperti merkuri.

Baca Juga: Ciri-Ciri Perubahan Tubuh Saat Hamil Muda

Berikut ini jenis seafood untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi.

1. Ikan teri

Ikan Teri

Menurut Mayo Clinic, ikan teri termasuk ikan laut yang rendah merkuri dan tinggi asam lemak omega-3. Jadi, ikan teri dapat digunakan sebagai sumber nutrisi penting dan bergizi untuk bayi yang belum lahir karena mendukung perkembangan janin yang sehat.

Satu porsi ikan teri kalengan sebanyak 1 ons mengandung 8 gram protein, salah satu nutrisi yang mendukung tumbuh kembang bayi.

2. Ikan salmon

Salmon teriyaki bowl by Greens and Beans

Jenis seafood untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi selanjutnya adalah ikan salmon. Ikan salmon mengandung lemak omega 3 yang baik dikonsumsi ibu hamil. Kandungan ini akan membantu meningkatkan visual dan perkembangan otak janin serta memiliki kandungan anti peradangan.

Nutrisi yang terkandung dalam ikan salmon akan meminimalisir risiko kelahiran prematur serta menurunkan tekanan darah tinggi selama kehamilan. Sementara protein dan vitamin dalam ikan salmon membantu pertumbuhan otot janin dan mengatur sistem metabolisme dalam tubuh janin.

3. Ikan sarden

Produk olahan ikan Blambangan Foodpackers Indonesia

Mengutip laman Pregnancy Food Checker, makan sarden umumnya aman selama kehamilan dan dapat dikonsumsi dua hingga tiga kali seminggu. Sarden juga merupakan salah satu seafood untuk ibu hamil dengan kadar merkuri paling rendah.

Namun, perlu Moms ketahui bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi sarden mentah atau setengah matang karena risiko bakteri dan penyakit bawaan.

4. Udang

Kendala bahan baku dan cuaca

Menurut American Pregnancy Association (APA), udang merupakan salah satu jenis seafood untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi.

Udang merupakan salah satu jenis seafood yang tinggi protein, mengandung merkuri dan kadar lemak yang rendah, sehingga menjadi salah satu jenis seafood yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Protein dalam udang dapat membantu pertumbuhan janin dalam kandungan.

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Bayi Bahagia Saat di Dalam Perut

Tidak semua seafood dapat dikonsumsi selama kehamilan, karena beberapa di antaranya memiliki kandungan merkuri dan zat berbahaya lainnya yang dapat mengancam kesehatan ibu dan janin. 

Itu dia 4 seafood yang aman dikonsumsi ibu hamil. Jangan lupa juga perhatikan kesegarannya. Moms perlu pintar memilih serta mengetahui cara aman mengonsumsi seafood. 

Selanjutnya: Kenali Risiko Preeklampsia atau Keracuanan Kandungan pada Ibu Hamil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News