HOME, Keluarga

4 Rekomendasi Pelembab Lokal untuk Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

4 Rekomendasi Pelembab Lokal untuk Memperbaiki Skin Barrier yang Rusak

MOMSMONEY.ID - Skin barrier atau stratum korneum adalah lapisan terluar kulit yang menyediakan fungsi pertahanan kritis bagi kulit termasuk perlindungan terhadap segala macam kerusakan seperti patogen, perubahan suhu utama, dan lain sebagainya. Selain itu, skin barrier juga menjadi garis pertahanan pertama untuk melawan penetrasi sinar ultraviolet dan menyaring sebagian besar darinya sebelum mencapai kulit lebih dalam.

Kendati dinamakan penghalang kulit, namun skin barrier tetap dapat mengalami kerusakan. Dilansir dari Hello Sehat, skin barrier dapat rusak akibat berbagai faktor seperti:

  • Lingkungan yang terlalu lembab atau terlalu kering
  • Terlalu sering terpapar sinar matahari
  • Alergen, iritan, dan polutan
  • Paparan senyawa tertentu seperti zat kimia keras atau deterjen
  • Eksfoliasi terlalu sering
  • Gangguan psikologi
  • Faktor genetik seperti dermatitis dan psoriasis

Baca Juga: 4 Tren Skincare Populer yang Ternyata Menyimpan Bahaya dan Harus Anda Hindari

Adapun tanda-tanda skin barrier rusak yaitu kulit menjadi kering bersisik, gatal-gatal, warna kulit berubah (kemerahan), timbul jerawat, kulit menjadi sensitif atau meradang, atau bahkan tumbuh jamur pada kulit.

Sebagai solusi untuk membantu memperbaiki skin barrier yang rusak, inilah 4 rekomendasi pelembab dari brand lokal yang bisa Anda jajal.

1. Erhalogy Gentle Skin Barrier Face Moisturizer

Erhalogy Gentle Skin Barrier Face Moisturizer

Erhalogy Gentle Skin Barrier Face Moisturizer merupakan pelembab wajah yang ringan dan mampu memberikan kelembaban ekstra pada kulit.

Diformulasikan khusus oleh dermatologist dengan Barrier Repair & Protection, Anti-Inflammatory, dan Antioxidant, produk ini mampu mengembalikan dan memperkuat fungsi skin barrier, menjaga kelembaban kulit, mencegah dan mengatasi iritasi kulit, menutrisi kulit, serta membuat kulit lebih halus dan sehat.

Erhalogy Gentle Skin Barrier Face Moisturizer dapat digunakan untuk segala jenis kulit seperti kulit kering, normal, kombinasi, sensitif, berjerawat, sedang iritasi, atopi, dan kulit dengan berbagai masalah lainnya. Selain itu, produk ini juga dapat digunakan pada semua usia termasuk bayi.

Harga Normal: Rp 93.500 (30gr)

2. Dermaluz Soothing Cream With Ekstrak Kaktus

Dermaluz Soothing Cream With Ekstrak Kaktus

Sesuai namanya, Dermaluz Soothing Cream With Ekstrak Kaktus memiliki kemampuan untuk menenangkan wajah yang kemerahan akibat iritasi ringan dan kulit sensitif.

Berbentuk cream gel yang dingin, produk ini dapat melembabkan kulit tanpa sensasi lengket berlebihan dan mudah menyerap sehingga terasa nyaman.

Berkat kandungan Ceramide NP dan formula Repair Skin Barrier, Dermaluz Soothing Cream With Ekstrak Kaktus dapat membantu memperbaiki skin barrier yang rusak. Free paraben, produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit namun sangat direkomendasikan untuk kulit bertipe kering atau dry skin.

 Harga Normal: Rp 72.000 (20gr)

3. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream merupakan produk 2-in-1 moisturizer dengan formula water-based yang mampu menghidrasi kulit dengan sensasi water burst sensation tanpa membuat kulit terasa berminyak.

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream diformulasikan dengan bahan-bahan utama meliputi Niacinamide, Hyaluronic Acid, Adenosine, Centella Asiatica, Ceramide, dan Ekstrak Semangka. Adapun perpaduan dari bahan-bahan tersebut berguna untuk membantu meningkatkan skin barrier, melindungi dan melawan efek blue light, meningkatkan kelembaban kulit, melindungi lapisan terluar kulit dalam jangka panjang, mempertahankan dan mengunci kelembaban agar kulit tampak lebih kenyal, membantu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan, membantu mencerahkan warna kulit yang tidak merata, membantu menghaluskan tampilan kulit yang tidak merata, serta membantu meminimalisir tampilan pori wajah.

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream telah teruji secara klinis dan dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Harga Normal: Rp 129.000 (30gr)

4. Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel adalah pelembab gel dengan 9 bahan Powerful Clean Supercharged yang terbukti secara klinis mampu menghidrasi, menyegarkan, dan memperkuat skin barrier.

Produk ini diperkaya dengan Hydrolyzed Marine Collagen yang dapat menyerap 1,5x lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan jenis kolagen lainnya.

Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel telah lulus uji 24 jam Moisture Lock, Dermatologically Tested, bersifat Non-Comedogenic dan Hypoallergenic, serta bisa digunakan dari umur 13 tahun dan ibu hamil.

Harga Normal: Rp 39.000 (5ml), Rp 169.000 (25ml), Rp 299.000 (50ml)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News