HOME, Keluarga

4 Rekomendasi Dehumidifier untuk Kurangi Kelembapan Udara di Rumah

4 Rekomendasi Dehumidifier untuk Kurangi Kelembapan Udara di Rumah

MOMSMONEY.ID - Bagi penduduk negara tropis seperti Indonesia, udara yang panas dan lembap merupakan sesuatu yang biasa dihadapi sehari-hari. Namun, udara lembap tersebut tak boleh dibiarkan begitu saja, lo.

Dikutip dari NBC News, kelembapan udara yang terlalu tinggi bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti hipertermia (kondisi tubuh yang terlalu panas), dehidrasi, kelelahan, sesak napas, bahkan heat stroke dan pingsan. Selain itu, udara yang lembap juga dapat menyebabkan jamur dan lumut.

Demi mengurangi kelembapan udara tersebut, US Environmental Protection Agency (EPA) menyarankan Anda untuk menggunakan alat bernama dehumidifier.

Sesuai dengan namanya, alat ini bekerja dengan cara menarik udara yang lembap dari suatu ruangan dan mendinginkannya sehinga uap air mengembun di suatu tangki, dan melepaskan kembali udara yang lebih kering ke ruangan tersebut.

Baca Juga: Mengenal Desain Interior Biophilic, Cocok Bagi Penyuka Alam

Tertarik memiliki dehumidifier di rumah? Berikut beberapa rekomendasi produknya dari MomsMoney.

Notale Milzu Smart Dehumidifier NTL-MZ989

Notale Milzu Smart Dehumidifier NTL-MZ989

Kisaran harga: Rp2.965.000

Pertama, ada produk dehumidifier dari Notale yang memiliki kapasitas kerja hingga 20 liter per hari. Artinya, dalam satu hari, alat ini bisa menarik kelembapan ruangan hingga 20 liter. Sementara itu, tangki airnya memiliki kapasitas sekitar 4,5 liter.

Dehumidifier ini memiliki desain yang simpel dan minimalis, daya listrik 270W dengan jangkauan ruangan hingga 60 m2, serta dilengkapi fitur wi-fi, mode humidity, kecepatan mesin, timer, hingga child lock. Karena sudah dilengkapi wi-fi, alat ini bisa disambungkan dan diatur melalui ponsel Anda.

Kris Dehumidifier 10 Liter

Kris Dehumidifier 10 Liter

Kisaran harga: Rp2.500.000

Kris memiliki produk dehumidifier yang memiliki kapasitas tangki air hingga 10 liter. Tergantung mode yang digunakan, alat ini bisa menyerap kelembapan udara hingga 12 liter per harinya. Alat ini memiliki cakupan area hingga 25 m2.

Selain itu, dehumidifier dengan daya 205W ini dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti handle yang ergonomis, auto-shutoff saat tangki air penuh, sambungan selang untuk membuang air, hingga pilihan target kelembapan udara yang diinginkan.

Baca Juga: Tak Punya AC? Bikin Rumah Sejuk dan Nyaman dengan Cara Ini, Yuk!

Perfect Aire Dehumidifier 30 Liter

Perfect Aire Dehumidifier 30 Liter

Kisaran harga: Rp5.000.000

Dehumidifier dari Perfect Aire ini memiliki daya serap kelembapan hingga 30 liter per hari dengan jangkauan ruangan mencapai 50 m2. Tangki airnya sendiri memiliki kapasitas hingga 6 liter.

Memiliki daya listrik sekitar 530W, dehumidifier ini memiliki fitur berupa auto shut-off jika tangki penuh, kontrol digital, serta dapat disambungkan dengan selang sehingga Anda tidak perlu sering-sering mengosongkan tangki airnya.

Stadler Form Albert Air Dehumidifier

Stadler Form Albert Air Dehumidifier

Kisaran harga: Rp7.200.000

Terakhir, ada dehumidifier dari Stadler Form yang memiliki desain tegas dan simpel. Alat ini mampu menyerap kelembapan ruangan hingga 20 liter per hari, dengan jangkauan ruangan mencapai 70 m2.

Dilengkapi tangki air dengan kapasitas hingga 5 liter, dehumidifier ini memiliki fitur-fitur seperti auto shut-off, timer, dan hygrostat untuk mengatur tingkat kelembapan yang diinginkan. Alat ini juga dilengkapi dengan roda di bagian bawahnya sehingga mudah untuk dipindah-pindahkan.

Itulah beberapa rekomendasi dehumidifier yang bisa Anda pilih untuk mengurangi kelembapan udara di rumah. Adakah produk yang Anda incar?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News