HOME, Keluarga

4 Pose Yoga yang Bermanfaat untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mental

4 Pose Yoga yang Bermanfaat untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mental

MOMSMONEY.ID - Semakin berkembangnya zaman, semakin tinggi pula kesadaran masyarakat terhadap kesehatan mental. Selaras dengan itu, para terapis, psikolog, dan psikiater pun berbondong-bondong untuk menyarankan tindakan pencegahan dan perawatan non-obat sebelum gangguan mental menyerang.

Salah satu gaya hidup yang dapat Anda terapkan untuk mencegah masalah kesehatan mental adalah yoga.

Menggabungkan antara aktivitas fisik dan meditasi, yoga menyimpan beragam manfaat yang bagus untuk mendukung kesehatan mental yang baik. Dilansir dari Firstcry Parenting, inilah 4 pose yoga yang bisa Anda praktikkan untuk membantu menjaga kesehatan mental.

Baca Juga: 5 Minuman Kaya Vitamin C yang Bagus untuk Kecantikan Kulit, Mudah Dibuat di Rumah!

1. Natarajasana

Natarajasana

Disebut juga dengan pose penari, natarajasana sangat bagus untuk menyeimbangkan suasana hati. Natarajasana dapat sangat bermanfaat bagi orang-orang yang sedang berjuang melawan depresi dan kecemasan.

Berdirilah tegak lalu tekuk satu lutut Anda ke bagian belakang tubuh dan pegang dengan menggunakan lengan. Jaga postur Anda tetap stabil dan condongkan tubuh ke depan kemudian angkat pergelangan kaki Anda ke arah langit. Rentangkan tangan Anda yang lainnya ke depan dan bernapaslah dalam-dalam sebanyak 5 kali.

2. Padmasana

Padmasana

Termasuk pose yoga dasar, padmasana bermanfaat untuk membantu pencernaan, menguatkan tulang belakang, serta meningkatkan ketenangan pikiran dan suasana hati. Dengan mempraktikkan padmasana, itu akan membantu Anda mengatasi kecemasan dan depresi.

Sambil duduk bersila, angkatlah satu pergelangan kaki Anda secara lembut ke atas paha yang berlawanan. Letakkan pergelangan kaki sedekat mungkin dengan bagian pinggul. Lakukanlah hal yang sama untuk pergelangan kaki lainnya.

Lalu, letakkan telapak tangan di atas lutut dan jaga punggung Anda tetap lurus. Terakhir, bernapaslah secara merata selama 30 detik. Jika Anda merasa kesulitan untuk menerapkan padmasana, selalu ingat untuk tidak memaksakannya karena dapat membahayakan fisik.

3. Vriksasana

Vriksasana

Umum dikenal sebagai pose pohon, vriksasana bermanfaat untuk membantu meningkatkan rasa diri sekaligus memusatkan tubuh dan pikiran.

Sembari berdiri tegak, angkat satu kaki Anda dan letakkan pergelangan kaki di bagian dalam paha yang berlawanan hingga lutut Anda tertekuk ke luar. Seimbangkan dan rentangkan tangan ke atas kemudian satukan kedua telapak tangan Anda. Pastikan Anda menjaga tubuh tetap lurus dan seimbang sambil bernapas secara merata.

4. Anjaneyasana

Anjaneyasana

Terkenal juga sebagai pose high lunge, anjaneyasana diketahui dapat membantu meningkatkan aliran darah dan menenangkan pikiran.

Mula-mula, berdirilah tegak lalu terjang satu kaki ke depan. Tekuk lutut Anda ke depan juga dan pastikan lutut sejajar dengan pergelangan kaki membentuk sudut 90 derajat kemudian regangkan kaki belakang. Tekan kedua pergelangan kaki Anda ke lantai.

Angkat tangan ke arah langit dan hubungkan kedua telapak tangan Anda. Tarik napas dalam-dalam dan embuskan dengan aliran yang merata. Ulangi pose ini sebanyak 5 kali per kaki.

Itulah 4 pose yoga yang bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan mental. Jadi, pose mana yang ingin Anda coba Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News