Keluarga

4 Perawatan Rumahan untuk Menghilangkan Blackhead Secara Alami, Mau Coba?

4 Perawatan Rumahan untuk Menghilangkan Blackhead Secara Alami, Mau Coba?

MOMSMONEY.ID - Layak Anda coba, ini 4 perawatan rumahan untuk menghilangkan blackhead secara alami.

Disebut juga komedo hitam, blackhead dapat muncul akibat folikel rambut yang tersumbat. Adapun penyumbatan tersebut bisa disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Itulah mengapa blackhead lebih tinggi kemungkinannya untuk muncul pada orang dengan kulit berminyak.

Selain menggunakan produk skincare, Anda juga bisa melakukan perawatan rumahan untuk menghilangkan blackhead dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Sebagai referensi, berikut 4 perawatan rumahan untuk menghilangkan blackhead secara alami sebagaimana dilansir dari Oladoc.

Baca Juga: Alternatif Obat, 5 Essential Oil untuk Membantu Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

1. Pakai clay mask bentonite

Perawatan rumahan untuk menghilangkan blackhead secara alami yang pertama yaitu memakai clay mask bentonite.

Clay mask atau masker tanah liat bentonite sangat bagus untuk mengatasi blackhead dan bisa digunakan setiap minggu. Tak hanya memiliki sifat detoksifikasi yang sangat kuat, clay mask bentonite juga kaya akan mineral untuk membantu mengatasi empat penyebab utama blackhead yaitu minyak berlebih, bakteri, sel kulit mati, dan pori-pori tersumbat.

Campurkan sedikit bubuk tanah liat bentonite dengan air dan oleskan pada kulit. Tunggu hingga kering lalu bilas wajah Anda dengan air hangat. Selain mengeluarkan semua kotoran yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan blackhead, cara ini juga akan menghilangkan sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam.

2. Coba scrub madu, gula, dan lemon

Perawatan rumahan untuk menghilangkan blackhead secara alami yang kedua yaitu mencoba scrub madu, gula, dan lemon.

Tergolong mudah, membuat scrub wajah sendiri dari madu, gula, dan lemon ternyata bisa membantu menghilangkan blackhead yang mengganggu lho Moms. Bisa digunakan pada hidung dan dagu, cukup campurkan ketiga bahan tersebut lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 5 menit. Setelah 5 menit, gosok-gosok secara lembut sebelum dibilas dengan air hangat.

Agar tidak mengiritasi kulit, pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati. Hindari juga penggunaan scrub secara berlebihan karena dapat meningkatkan produksi minyak dan memperburuk masalah yang sudah ada.

Baca Juga: Ada di Menu Tiffany Plate, Ini Manfaat Cottage Cheese untuk Kesehatan Tubuh

3. Manfaatkan putih telur

Perawatan rumahan untuk menghilangkan blackhead secara alami yang ketiga yaitu memanfaatkan putih telur.

Putih telur sangat bagus untuk membuat masker peel-off. Ini akan membantu menghilangkan kotoran dan blackhead, sehingga kulit tampak lebih bersih setelahnya.

Ambil sebutir putih telur lalu oleskan pada kulit yang sudah dibersihkan. Lapisi dengan kertas tisu dan oleskan kembali putih telur. Tunggu hingga mengering kurang lebih 20 menit kemudian lepas kertas tisu yang menempel secara perlahan.

4. Gunakan baking soda

Perawatan rumahan untuk menghilangkan blackhead secara alami yang keempat yaitu menggunakan baking soda.

Baking soda atau disebut juga soda kue adalah exfoliant fisik yang bagus untuk menghilangkan minyak dan kotoran penyebab pori-pori tersumbat dan blackhead. Namun, karena sifatnya yang mengeringkan, pastikan Anda tidak menggunakan baking soda pada wajah lebih dari dua kali seminggu.

Campurkan baking soda dan air secukupnya sampai menjadi pasta. Oleskan dan gosokkan pasta baking soda secara lembut ke wajah. Terakhir, cuci bersih wajah Anda dengan air hangat.

Itulah 4 perawatan rumahan untuk menghilangkan blackhead secara alami yang layak Anda coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News