HOME, Keluarga

4 Penyebab yang Membuat Tanaman Cabai Menjadi Busuk

4 Penyebab yang Membuat Tanaman Cabai Menjadi Busuk

MOMSMONEY.ID - Kegiatan menanam cabai banyak dilakukan masyarakat untuk mengatasi kenaikan harga cabai yang kerap terjadi setiap tahun.

Namun, meski sudah menanam cabai sendiri, Anda mungkin tak lepas dari masalah-masalah lain. Misalnya, buah cabai busuk atau tanaman menjadi busuk sebelum masa panen.

Ini tentu menyebabkan frustasi karena bagaimana pun Anda menanamnya dan menunggu masa panen sejak lama. Akan tetapi, ini dapat menjadi pelajaran berharga untuk Anda menanamnya lagi. Sebelum itu, ketahuilah beberapa penyebab yang membuat tanaman cabai menjadi busuk dilansir dari Bountiful Gardener.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Tanah Masam untuk Tanaman

Serangan Hama dan Penyakit

Serangan hama dan penyakit sudah tak diragukan lagi efeknya pada tanaman. Hama seperti ulat dan lalat buah akan memakan buah cabai, sehingga menjadi berlubang dan rontok. Sementara penyakit tanaman cabai dapat disebabkan oleh cendawan Colletotrichum capsici dan Colletotrichum gloeosporioides. Penyakit ini juga dapat disebut patek atau antraknosa.  Jika menyerang daun dan batang, dapat menyebabkan busuk kering. Jika menyerang buah, dapat menyebabkan busuk seperti terbakar.

Selain itu, terdapat dua macam penyakit busuk lainnya yang menyerang tanaman cabai. Busuk cabang disebabkan oleh Phytopthora capsici. Sementara busuk kuncup disebabkan oleh cendawan Choanosearum sp.

Baca Juga: Mengenal Terarium, Solusi Berkebun di dalam Wadah Kaca

Ketidakseimbangan Kalsium dalam Tanaman

Ketidakseimbangan kalsium di dalam tanaman dapat menyebabkan masalah kesehatannya. Sebenarnya, ini bukan busuk, melainkan akibat ketidakmampuan tanaman menghasilkan kulit yang sehat pada buahnya. Kalsium berfungsi untuk membentuk dinding sel pada buahnya. Jika tanaman kekurangan kalsium, bagian bawah buah akan mulai membusuk, karena dinding sel benar-benar runtuh.

Tanaman Cabai Kelebihan Air (Root Rot)

Kelebihan penyiraman air selalu jadi penyebab masalah tanaman, salah satunya kebusukan. Kebusukan ini dapat menyerang akar dan batang. Ini karena tanah terlalu basah, sehingga akar yang tidak mendapat oksigen yang cukup di dalamnya.

Jika busuk akar masih kecil, Anda dapat mengatasinya. Namun, bila sudah terlalu parah, ini dapat mematikan seluruh tanaman cabai.

Pemupukan Berlebihan

Pemupukan yang berlebihan seringkali berakibat fatal bagi tanaman cabai. Baik tanaman mengalami keracunan nitrogen akut atau magnesium.

Jumlah pupuk yang berlebihan juga dapat mencegah kalsium diserap ke dalam tanaman. Inilah yang menyebabkan tanaman kekurangan kalsium. Akhirnya, tanaman cabai menjadi busuk karena kelebihan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News