Keluarga

4 Penyebab Wajah Terlihat Kusam Saat Menggunakan Makeup, Sudah Tahu?

4 Penyebab Wajah Terlihat Kusam Saat Menggunakan Makeup, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Cari tahu yuk, inilah 4 penyebab wajah terlihat kusam saat menggunakan makeup atau riasan.

Semakin menjamurnya produk kecantikan di pasaran, semakin banyak pula orang yang berbondong-bondong untuk menyempurnakan penampilan kulitnya.

Salah satu produk kecantikan yang kerap diandalkan oleh banyak orang selain skincare adalah makeup.

Kendati makeup terbukti mampu membuat wajah terlihat pangling dan flawless secara instan, nyatanya masih sering dijumpai hasil makeup yang justru tampak kusam dan tak bernyawa.

Seorang artis makeup internasional bernama Maxime Poulin mengungkapkan bahwa hasil makeup yang kusam dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan dalam ber-makeup yang sebenarnya salah dan tidak menguntungkan kulit.

Melansir Best Health, berikut 4 penyebab wajah terlihat kusam saat menggunakan makeup menurut Maxime Poulin.

Baca Juga: Suka Masak? Ini 6 Cara Menjaga Kulit Tetap Glowing untuk Si Hobi Masak

1. Produk makeup yang digunakan terlalu berlebihan

Penggunaan blush on, bronzer, highlighter, kontur, foundation, dan concealer memang mampu meningkatkan penampilan kulit wajah Anda.

Akan tetapi, memakai produk-produk tersebut dengan takaran yang berlebihan justru akan membuat wajah Anda terlihat kusam dan dempul.

Sebaiknya, pakailah produk makeup secukupnya serta jangan lupa untuk mempersiapkan kulit Anda dengan menggunakan primer dan foundation yang mengandung skincare.

2. Pemilihan warna makeup tidak tepat

Kesalahan dalam pemilihan warna makeup dapat membuat wajah terlihat kusam dan jauh dari kata hidup.

Adapun kesalahan ini rawan terjadi ketika Anda memilih jenis atau tekstur riasan yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, Anda memilih foundation dengan hasil akhir matte yang tahan lama padahal kulit Anda bertipe kering.

Ingat-ingat bahwa warna produk yang terlalu gelap bisa membuat kulit terlihat tua, sedangkan warna yang terlalu pucat akan membuat kulit terlihat tak bernyawa.

Jadi, pastikan untuk melakukan patch test terlebih dahulu sebelum membeli sebuah produk makeup dan usahakan untuk membelinya secara langsung di toko kosmetik alih-alih online.

Baca Juga: 5 Tips Makeup untuk Menyamarkan Mata Bengkak, Tidak Sesulit Itu!

3. Menggunakan lipstick dengan warna yang salah

Warna lipstik yang tepat dapat memberikan keajaiban bagi bibir dan penampilan wajah Anda secara keseluruhan.

Di sisi lain, warna lipstik yang salah bisa menonjolkan kesan tidak menyatu dan suram pada wajah Anda.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih lipstick berwarna merah murni untuk membantu mencerahkan terutama jika kulit Anda sedang kusam-kusamnya.

Dengan bantuan lipstick berwarna merah pop, itu akan membuat penampilan Anda terlihat lebih muda dan tentunya segar.

4. Tidak melakukan blending dengan benar

Kesalahan makeup terbesar yang rentan menyebabkan wajah terlihat kusam yaitu tidak melakukan blending dengan benar.

Saat Anda terburu-buru dalam melakukan blending, hasil akhir makeup yang seharusnya terlihat alami justru akan dipenuhi dengan garis-garis atau tambalan yang tidak menyatu.

Selain dilakukan secara perlahan, proses blending makeup juga harus dioptimalkan dengan menggunakan brush yang sesuai.

Jika foundation yang Anda kenakan memiliki daya coverage tinggi, maka brush dengan jenis foundation brush wajib Anda gunakan. Jangan lupa juga untuk memilih brush yang terbuat dari bulu alami dan bergagang kokoh supaya lebih tahan lama.

Demikian 4 penyebab wajah terlihat kusam saat menggunakan makeup. Selalu ingat untuk tidak sekadar mengandalkan penggunaan makeup jika Anda menginginkan kulit yang cerah nan sehat.

Anda juga perlu menerapkan rutinitas skincare yang sesuai dengan jenis kulit, makan makanan sehat, tidur dengan cukup, serta minum air putih setidaknya 8 gelas per hari guna membebaskan kulit dari kekusaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News