Bugar

4 Penyebab Ruam Merah pada Kulit, Apakah Pertanda Bahaya?

4 Penyebab Ruam Merah pada Kulit, Apakah Pertanda Bahaya?

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa penyebab ruam merah pada kulit yang umum terjadi. Ruam adalah kondisi kulit yang berubah tekstur dan warna. Kulit menjadi bersisik, gatal, dan berubah warna kemerahan.  

Ruam pada kulit dapat diatasi menggunakan cara alami. Namun, untuk kasus ruam yang lebih berat bisa menjadi indikasi penyakit lebih serius.

Untuk itu, kenali apa penyebab ruam merah pada kulit, sebagaimana dilansir dari cnfstore.com

1. Obat-obatan

Penyebab ruam merah pada kulit salah satunya obat-obatan. Bagi sebagian orang, efek samping atau reaksi alergi dari obat-obatan bisa menyebabkan ruam merah.

Kemudian, beberapa obat, termasuk beberapa antibiotik, menyebabkan fotosensitivitas, obat-obatan tersebut membuat individu lebih rentan terhadap sinar matahari. Reaksi fotosensitivitas terlihat mirip dengan sengatan matahari.

2. Dermatitis kontak

Penyebab ruam merah pada kulit selanjutnya adalah dermatitis kontak. Kondisi ini terjadi ketika kulit bereaksi terhadap sesuatu yang disentuhnya. Kulit mungkin akan menjadi merah, meradang, dan ruam cenderung berair.

Penyebab dermatitis kontak adalah paparan zat pemicu alergi (alergi). Bisa karena debu, polusi, produk kecantikan, tanaman beracun, pewarna pada pakaian, dan bahan kimia (lateks dan karet). 

Ruam bisa mengakibatkan kemerahan pada kulit dan bisa bertahan selama 2 minggu hingga 1 bulan. Diperlukan perawatan yang tepat agar tidak meninggalkan bekas luka

Baca Juga: Gunakan Promo Tiket.com Hotel Baru dengan Diskon hingga 52%

3. Infeksi

Berikutnya, penyebab ruam pada kulit adalah infeksi. Infeksi oleh bakteri, virus, atau jamur juga dapat menyebabkan ruam. Ruam ini akan bervariasi tergantung pada jenis infeksi.

Contohnya, kandidiasis, infeksi jamur yang umum, menyebabkan ruam gatal yang umumnya muncul di lipatan kulit. Contoh infeksi akibat virus seperti herpes zoster (cacar api atau cacar ular).

4. Kondisi autoimun

Penyebab ruam merah pada kulit lainnya adalah kondisi autoimun. Kondisi autoimun terjadi ketika sistem kekebalan seseorang mulai menyerang jaringan sehat.

Ada banyak penyakit autoimun, beberapa di antaranya dapat menyebabkan ruam. Misalnya, lupus yang mempengaruhi sejumlah sistem tubuh, termasuk ruam kulit. 

Nah, itulah empat penyebab ruam merah pada kulit yang umum terjadi. Lakukan perawatan yang tepat dan bisa dilanjutkan dengan berkonsultasi ke dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News