Bugar

4 Penyebab Kantung Mata Makin Membesar, Hindari Begadang!

4 Penyebab Kantung Mata Makin Membesar, Hindari Begadang!

MOMSMONEY.ID - Punya masalah dengan kantung mata? Munculnya kantung mata memberikan kesan wajah terlihat lelah dan tidak segar. Kantung mata lebih mencolok ketika pigmen kulit di bawah mata membentuk lingkaran hitam, atau yang biasa dikenal dengan mata panda.

Ada berbagai macam penyebab kantung mata yang bisa dialami oleh banyak orang. Agar tidak semakin membesar, cari tahu penyebab munculnya kantung mata, sebagaimana dilansir dari herworld.co.id

1. Alergi

Penyebab pertama kantung mata membesar adalah alergi. Reaksi alergi pada setiap orang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang mengalami mata bengkak atau berair ketika sedang alergi. Hal ini yang menyebabkan cairan di sekitar mata menumpuk pada bagian bawah kelopak mata. 

Penyebab kantung mata membesar karena alergi harus segera dirawat. Alergi juga bisa menyebabkan peradangan di sekitar hidung dan mata. Oleh sebab itu, segeralah meminum obat alergi atau konsultasi ke dokter supaya tidak semakin parah.

2. Kurang tidur

Penyebab kantung mata membesar selanjutnya adalah kurang tidur. Jika tubuh kekurangan waktu istirahat, maka kantung mata pasti akan membesar.

Hal ini disebabkan ketika Anda kurang tidur, mata akan cenderung kering dan lebih parahnya akan mengalami iritasi. Hal inilah yang menyebabkan kantung mata membesar dan mata menjadi bengkak saat bangun di pagi hari. 

Baca Juga: Inilah 4 Manfaat Baby Oil untuk Wajah yang Perlu Anda Tahu

3. Pola makan tidak sehat

Pola makan yang tidak sehat juga termasuk penyebab munculnya kantung mata semakin besar. Terlebih lagi untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Saat kehilangan berat badan dengan cepat, kulit  akan menjadi kendur.

Ketika kehilangan berat badan secara tiba-tiba, kemungkinan besar kantung mata Anda akan membesar. Jadi, tetap jaga pola makan supaya teratur dan pilihlah asupan makanan dengan kandungan protein yang tinggi.

4. Penuaan

Penyebab kantung mata makin besar lainnya, yaitu penuaan. Penyebab ini tentu sulit untuk dihindari, karena setiap orang akan mengalami penuaan. Sama seperti otot dan jaringan lain di tubuh, otot dan jaringan yang menopang mata juga akan melemah seiring bertambahnya usia.

Selain otot mata melemah, lemak yang menopan mata juga akan berpindah ke bawah kelopak mata, sehingga mata Anda akan tampak lebih bengkak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News