Bugar

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek Berminyak

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Lepek Berminyak

MOMSMONEY.ID - Yuk, pahami perbedaan dan cara mengatasi rambut lepek berminyak dengan benar. Rambut lepek dan berminyak tentu membuat penampilan Anda jadi kurang maksimal.

Rambut lepek biasanya disebabkan oleh suhu udara yang panas, tetapi masih ada penyebab lainnya yang harus Anda ketahui.

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda juga perlu memahami cara mengatasi rambut lepek dan berminyak. Sehingga, rambut bisa kembali indah dan berkilau.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah 5 Kebiasaan yang Bisa Membuat Wajah Cepat Tua

Melansir dari dove.com, berikut empat penyebab dan cara mengatasi rambut lepek berminyak, yaitu: 

1. Terlalu sering keramas rambut

Rambut yang terlalu sering dikeramas bisa menyebabkan rambut lepek dan berminyak. Sebab, kulit kepala lebih kering dan bisa memicu ketombe.

Bahkan secara natural, menyebabkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak sebum untuk menutrisi kulit kepala. Sehingga, rambut Anda bisa semakin lepek dan berminyak.

Cara mengatasi rambut lepek dan berminyak pada kasus ini, Anda perlu melakukan keramas maksimal setiap 3-4 kali dalam seminggu.

Dengan cara tersebut, rambut Anda justru bisa lebih mengembang, karena kelenjar minyak tidak memproduksi sebum berlebihan.

2. Salah menggunakan kondisioner

Penyebab rambut lepek dan berminyak selanjutnya adalah salah menggunakan kondisioner. Menggunakan kondisioner dengan cara yang salah memang akan mengakibatkan rambut di bagian pangkal semakin lepek.

Cara yang benar untuk mengoleskan kondisioner yang tepat adalah di bagian pertengahan rambut hingga ke ujung helai secara merata.

Cara mengatasinya, hindari mengoleskan kondisioner di bagian dasar kulit kepala. Saat kondisi rambut basah, bagian kutikula terbuka. Inilah waktu yang tepat untuk menambah nutrisi pada rambut. Pastikan kamu menerapkannya dengan cara yang benar.

Mulailah dengan mengoleskan kondisioner di bagian tengah rambut secara merata setelah keramas. Hindari bagian kulit kepala agar tidak membuat rambut makin berminyak dan lepek.

Setelah diberi kondisioner, diamkan rambut dengan menyanggul rambut secara ringan atau membungkusnya dengan shower cap. Cara tersebut berfungsi untuk menambah penyerapan nutrisi ke dalam rambut.

Baca Juga: Layak Dicoba, 5 Tips Kecantikan untuk Mendatangkan Keberuntungan di Hari Imlek

3. Suhu udara panas

Berikutnya, suhu udara panas tentu bisa menyebabkan rambut menjadi lepek dan berminyak. Paparan panas dari sinar matahari dan suhu yang membuat gerah, sangat mudah membuat rambut lepek dan berminyak seharian bahkan setelah Anda keramas sekalipun.

Cara mengatasi rambut lepek dan berminyak ini dengan melakukan perlindungan menyeluruh untuk kulit kepala dan rambut.

Anda bisa menutup rambut dengan topi atau payung, pastikan untuk mencegah rambut terpapar langsung dari panas, udara, dan polusi saat harus keluar rumah.

4. Menggunakan hijab atau topi saat rambut basah

Penyebab rambut lepek dan berminyak lainnya adalah menggunakan hijab atau topi saat rambut basah. Saat rambut dalam keadaan bisa, lalu Anda menutupnya tentu rambut akan mengalami lepek, bau dan bahkan bisa rontok. 

Cara mengatasinya dengan memberi waktu untuk rambut Anda kering menyeluruh sebelum menggunakan hijab atau topi. Ada cara khusus untuk mengatasi rambut lepek dengan trik mengeringkan yang benar.

Dengan cara memposisikan kepala terbalik sehingga rambut terjuntai ke bawah. Sisir rambut Anda searah gravitasi dengan jari tangan agar bagian akar rambut terangkat. Kutikula rambut nantinya akan kering dan tetap kuat.

Setelah rambut kering sekitar 60%-70%, berdiri dengan posisi semula dan keringkan sisanya dengan blow dry. Dengan begitu bagian ujung rambut lebih ringan, rambut pun lebih mengembang dan bervolume secara natural.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi rambut lepek berminyak. Selain itu, pastikan Anda memilih produk sampo yang tepat dan sesuai kebutuhan rambut agar masalah rambut lepek dan berminyak bisa dihindari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News