Santai

4 Olahraga Ini Aman Dilakukan bagi Perempuan dengan PCOS, Cari Tahu Yuk!

4 Olahraga Ini Aman Dilakukan bagi Perempuan dengan PCOS, Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Olahraga adalah salah satu aktivitas yang memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh dan kesehatan.

Tak terkecuali bagi para perempuan yang mengalami PCOS atau Polycystic Ovarian Syndrome. Olahraga dan memiliki gaya hidup sehat adalah salah satu hal yang disarankan untuk mengurangi gejalanya.

Lalu olahraga seperti apa ya yang aman bagi para wanita dengan PCOS? Berikut ini ada beberapa rekomendasinya.

Baca Juga: Kenali 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Berolahraga. Apa Saja?

Berjalan

Berjalan adalah salah satu olahraga ringan yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Olahraga ini juga merupakan olahraga aman untuk dilakukan perempuan dengan PCOS.

Melansir dari laman Very Well Health, olahraga ringan seperti berjalan kaki bisa membantu mengontrol berat badan, memperbaiki mood, dan juga membantu kesuburan yang merupakan gangguan dari PCOS.

Berenang

Olahraga selanjutnya yang juga aman dilakukan orang dengan PCOS adalah berenang. Olahraga berenang bisa membantu untuk tetap membuat tubuh tetap fit dan aktif.

Sehingga kekuatan otot, tulang, dan bagian tubuh lainnya pun juga dapat tetap berada dalam kondisi yang sehat sekaligus dapat membuat organ tubuh melakukan fungsinya dengan baik.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Insomnia Tanpa Obat-obatan. Simak Penjelasannya di Sini!

HIIT
Cardio merupakan olahraga wajib yang harus dilakukan bagi orang-orang dengan PCOS. Olahraga HIIT adalah salah satu yang bisa dijadikan pilihannya.

Melansir dari laman Women’s Health, olahraga HIIT merupakan olahraga terbaik yang bisa dilakukan oleh orang dengan PCOS. Sebab olahraga ini mampu membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Angkat beban atau latihan kekuatan

Beberapa orang dengan PCOS akan menghindari untuk melakukan olahraga angkat beban. Sebab olahraga yang satu ini bisa membuat hormon testoterone meningkat secara temporary.

Namun bukan berarti olahraga ini harus dihindari sama sekali. Orang dengan PCOS masih bisa melakukan olahraga angkat beban atau latihan kekuatan. Hanya saja pastikan untuk tidak menggunakan beban yang terlalu berat. Gunakan beban yang ringan namun dengan repetisi yang tinggi adalah salah satu alternatifnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News