Santai

4 Mitos Legendaris Ini Ungkap Asal Usul Imlek, Sudah Tahu Belum?

4 Mitos Legendaris Ini Ungkap Asal Usul Imlek, Sudah Tahu Belum?

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa mitos dan legenda unik yang jarang diketahui orang tentang perayaan Tahun Baru China atau Imlek.

Hampir semua tradisi dunia selalu memiliki mitos unik yang menjadi dasar perayaan tradisi tersebut. Tak ketinggalan juga dengan Imlek.

Tradisi turun temurun dari Tiongkok ini juga memiliki beberapa mitos unik di balik perayaannya. Apa saja ya? Simak beberapa daftarnya ini, yuk:

Baca Juga: Intip Timeline Tradisi Kegiatan Imlek 2023 Ini yuk, Ada Jadwal Lengkapnya

Monster tahun baru

Di masa China kuno, dikenal ada monster populer bernama Nian. Laman Travel China Guide menjelaskan, Nian memiliki gigi tajam dan juga tanduk, perpaduan antara naga dan juga jerapah. Ia tinggal di lautan namun setahun sekali muncul ke daratan untuk mengganggu manusia.

Suatu hari, seorang pengemis berhasil menemukan cara untuk mengusir Nian. Yaitu, dengan menggunakan dekorasi dan segala hal yang berwarna merah. Nian pun juga takut dengan suara petasan atau kembang api China.

Maka dari itu, hingga kini dekorasi merah dan petasan China masih digunakan sebagai simbol perlindungan dan keberuntungan. Pada masa kini, Nian memiliki bentuk yang serupa dengan barongsai.

Kaligrafi

Dekorasi kaligrafi “fu”, memiliki arti kebahagiaan dan keberuntungan. Pada masa dinasti Ming wajib menempelkan kaligrafi "fu" di pintu setiap rumah warganya saat perayaan tahun baru China.

Tapi, salah satu keluarga yang buta huruf malah memasang kaligrafi “dao” yang berarti terbalik dan hendak dihukum oleh raja.

Untungnya, sang ratu menjelaskan, bentuk terbalik dari kalimat tersebut homofon dengan kata here atau di sini. Sehingga, memberikan makna keberuntungan ada di sini. Dari situlah kemudian setiap tahun baru kaligrafi ini digunakan.

Baca Juga: Tak Hanya Merah, 4 Warna Ini Juga Bawa Keberuntungan Saat Imlek

Wine Imlek

Melansir dari laman Chinese New Year, ada beberapa minuman yang identik untuk perayaan Imlek. Salah satunya adalah wine Tusu. Dahulu kala, ada sebuah virus bakteri mematikan yang merengut nyawa orang-orang di sebuah desa.

Hingga kemudian ada seorang pria yang membuat campuran rempah, daun, dan biji-bijian untuk diminum. Saat tahun baru China, orang-orang tersebut meminum minuman tersebut.

Ajaibnya, banyak orang yang sembuh dari penyakit mematikan tersebut. Minuman tersebut kemudian dikenal dengan wine Tusu.

Angpao

Angpao yang lekat dengan tradisi Imlek ini juga memiliki mitosnya sendiri. Menurut legenda, ada roh jahat bernama Sui yang selalu muncul di malam tahun baru.

Ia kemudian mengelus kepala anak-anak sebanyak tiga kali dan membuat anak tersebut mengalami demam. Suatu hari, sebuah keluarga memberikan anaknya koin yang ditaruh dalam amplop merah di bawah bantalnya sebagai kado.

Ketika Sui datang, koin tersebut bersinar terang dan membuatnya kabur. Sejak saat itu, orang-orang tua selalu memberikan uang atau angpao yang dibalut dengan amplop merah setiap tahun baru China.

Wah, memiliki cerita menarik, itulah tadi beberapa mitos legendaris tentang Tahun Baru China atau Imlek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News