Keluarga

4 Masker Alami untuk Mengencangkan Kulit Wajah yang Mudah Dibuat di Rumah

4 Masker Alami untuk Mengencangkan Kulit Wajah yang Mudah Dibuat di Rumah

MOMSMONEY.ID - Ingin mengencangkan kulit wajah dengan bahan natural? Ini 4 masker alami untuk mengencangkan kulit wajah yang mudah dibuat di rumah.

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin dalam tubuh cenderung semakin berkurang. Akibatnya, kulit jadi lebih mudah kendur dan tampak lebih tua.

Untuk membantu mengencangkan kulit wajah yang mulai kendur, ada 4 masker alami yang layak Anda coba. Mudah dibuat di rumah, inilah 4 masker alami untuk mengencangkan kulit wajah sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Tahapan Membersihkan Makeup yang Tepat Menggunakan Makeup Remover

1. Masker pisang

Pisang

Tak hanya lezat dan bisa diolah menjadi beragam hidangan, pisang juga menyimpan manfaat kecantikan termasuk mengencangkan kulit wajah. Pisang kaya akan lemak yang membantu menghidrasi kulit sekaligus menjaga kelembabannya. Pisang juga mampu meningkatkan elastisitas kulit dan mengencangkan kulit yang kendur.

Saat pisang dicampur dengan madu dan minyak zaitun, itu akan menciptakan masker wajah yang bisa sekaligus memperbaiki kerusakan sel kulit.

Siapkan 1 buah pisang matang, 1 sendok teh minyak zaitun, dan 1 sendok teh madu lalu campur hingga menjadi pasta yang halus. Oleskan pasta ke seluruh wajah dan leher kemudian diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Setelah 15 menit, bilas wajah serta leher Anda dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin guna menutup pori-pori.

2. Masker putih telur

Putih telur

Putih telur termasuk bahan alami yang umum digunakan untuk mengencangkan kulit wajah. Albumin yang ada di dalam putih telur mampu membuat kulit yang kendur tampak lebih kencang.

Untuk hasil maksimal, Anda bisa mencampurkan putih telur dengan yogurt dan gula. Yogurt dapat membantu menghilangkan noda dan membersihkan kulit. Sementara itu, gula bermanfaat sebagai eksfoliator alami yang membantu membersihkan dan melembabkan kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati, serta membalikkan tanda-tanda penuaan.

Campurkan 1 putih telur, 1 sendok makan yogurt plain, dan ½ sendok teh gula pasir. Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah Anda dan biarkan mengering. Terakhir, bilas wajah Anda dengan air hangat setelah masker putih telur mengering.

Baca Juga: Cocok untuk Pemula Makeup, Ini 4 Kelebihan Cushion Daripada Foundation

3. Masker tanah liat

Camille Wash Off Mask

Masker tanah liat atau clay mask merupakan agen pengencang kulit yang efektif. Masker ini memiliki serat kolagen yang sangat baik untuk mengencangkan kulit wajah. Plus, bisa membersihkan kulit dan mengurangi peradangan.

Yang Anda butuhkan untuk mengencangkan kulit dengan masker tanah liat yaitu 2 sendok makan bubuk bentonite atau kaolin clay, 1 sendok teh susu putih bubuk, dan air atau air mawar secukupnya.

Campurkan semua bahan-bahan tersebut sampai merata dan konsistensinya kental. Setelah berubah menjadi pasta, oleskan masker dengan jari ke seluruh wajah dan leher Anda. Biarkan masker mengering selama 10-15 menit sebelum dibilas.

4. Masker multani mitti

Multani mitti

Terakhir ada masker multani mitti atau fuller’s earth clay yang bisa Anda coba untuk membantu mengencangkan kulit wajah. Manfaat lain dari masker alami ini yaitu meningkatkan warna kulit serta memerangi noda, jerawat, dan penyamakan kulit.

Masker multani mitti dapat mengeluarkan minyak berlebih dari kulit dan merangsang sirkulasi darah pada wajah. Saat dicampur dengan susu, itu akan membuat kulit terasa lebih halus, lembut, dan terlindungi dari kerusakan lebih lanjut.

Siapkan 2-3 sendok makan bubuk multani mitti dan campurkan dengan susu cair secukupnya. Setelah menjadi pasta, oleskan masker ke wajah dan leher. Biarkan masker mengering selama 10-12 menit sebelum dibilas.

Itulah 4 masker alami untuk mengencangkan kulit wajah yang mudah dibuat di rumah. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News