Bugar

4 Manfaat Witch Hazel untuk Kulit Kepala, Atasi Masalah Ketombe!

4 Manfaat Witch Hazel untuk Kulit Kepala, Atasi Masalah Ketombe!

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya untuk wajah, inilah beberapa manfaat witch hazel untuk kulit kepala dan rambut. Anda bisa mencoba produk-produk perawatan rambut dengan bahan utama witch hazel.

Bahan alami ini memang belum terlalu banyak digunakan oleh produk-produk perawatan rambut, tetapi manfaatnya banyak sekali. Lebih jelasnya, berikut empat manfaat witch hazel untuk kulit kepala dilansir dari realfood.co.id, yaitu : 

1. Mengurangi Ketombe

Manfaat pertama witch hazel untuk kulit kelapa adalah mengurangi ketombe. Kebanyakan ketombe disebabkan oleh iritasi di kulit kepala, tetapi bisa juga karena kulit terlalu berminyak bersatu dengan tumpukan produk, ditambah hormon dan juga pertumbuhan bakteri-jamur.

Witch hazel membantu membersihkan dan mengurangi peradangan sehingga ketombe perlahan menghilang dari hidup Anda. 

2. Mengurangi Inflamasi

Manfaat witch hazel selanjutnya adalah mengurangi inflamasi. Saat kulit kepala terasa gatal, ada ketombe ukuran besar, terasa perih, merah, atau bersisik bisa jadi kulit kepala sedang iritasi.

Anda bisa memilih produk sampo dengan bahan dasar witch hazel atau tuangkan witch hazel water langsung ke rambut untuk membantu mengurangi iritasi dan memberikan rasa nyaman pada kulit kepala.

Baca Juga: 4 Penyebab Wajah Terlihat Kusam Saat Menggunakan Makeup, Sudah Tahu?

3. Membersihkan Kulit Kepala

Berikutnya, witch hazel juga mampu membersihkan kulit kepala. Witch hazel mampu mengurangi rasa gatal dan membersihkan kulit kepala terutama mereka yang memiliki gaya rambut gimbal atau dikepang kecil. Cobalah untuk merendam rambut di witch hazel agar lebih terasa bersih jika tidak bisa menggunakan sampo.

4. Mengurangi Produk Minyak di Kulit Kepala

Manfaat witch hazel untuk kulit kepala lainnya adalah mengurangi produksi minyak di kulit kepala. Bukan hanya mengurangi rasa lepek di rambut, tapi witch hazel juga membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kepala.

Kemampuan sebum-controlling ini disebabkan oleh sifat astringent dari witch hazel. Cobalah untuk melakukan perawatan sebelum bersampo dengan memberikan witch hazel water di seluruh kepala. Pijat perlahan hingga meresap, lalu bilas hingga bersih. 

Nah, itulah beberapa manfaat witch hazel untuk kulit kepala. Rawat kesehatan rambut dengan produk rambut berbahan witch hazel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News