Bugar

4 Manfaat Sunflower Oil untuk Perawatan Wajah, Cerah dan Lembab!

4 Manfaat Sunflower Oil untuk Perawatan Wajah, Cerah dan Lembab!

MOMSMONEY.ID - Menarik dicoba karena banyak manfaat sunflower oil untuk perawatan wajah, loh. Sunflower oil adalah minyak yang berasal dari biji bunga matahari yang dikompres.

Pada produk skincare wajah, sunflower oil memiliki manfaat untuk menghaluskan kulit wajah Anda. Selain itu, kandungan antioksidan di dalam sunflower oil juga bermanfaat bagi merawat kecantikan kulit.

Sunflower oil dikenal efektif dalam mengobati jerawat, dapat mencegah penuaan dini dan bahkan berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar UV matahari yang berbahaya.

Untuk lebih jelasnya, inilah manfaat sunflower oil untuk wajah yang harus Anda tahu dilansir dari base.co.id dan natur-e.co.id, yaitu:

Baca Juga: Negara Terkaya Kelima Di Dunia Ini Punya Lebih Dari 40 Kasino

1. Mencerahkan dan Meratakan Warna Kulit

Manfaat sunflower oil untuk wajah adalah dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit. Sunflower oil mengandung linoleic acid dan oleic acid yang tinggi pada minyak biji bunga matahari mencegah produksi melanin pada kulit.

Sehingga sangat sesuai untuk Anda yang memiliki masalah seperti hiperpigmentasi dan memiliki bekas jerawat.

2. Memperbaiki Skin Barrier dan Efek Anti Iritasi

Sunflower oil juga bisa memperbaiki skin barrier dan memiliki efek anti iritasi pada kulit wajah. Sunflower oil cocok digunakan oleh pemilik kulit sensitif dan bayi. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan linoleic acid yang tinggi. 

Kandungan linoleic acid penting dalam menjaga agar ceramide yang alami terdapat pada kulit Anda berfungsi dengan baik sehingga kulit terjaga kelembapannya sekaligus mencegah iritasi pada kulit.

Melansir dari studi yang dilakukan oleh J Invest Dermatol, menjelaskan bahwa penggunaan minyak biji bunga matahari dapat meningkatkan hidrasi kulit sebanyak 12-18%.

Baca Juga: Simak 5 Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Bahan Alami, Hasilnya Nyata

3. Anti Microbial dan Memiliki Efek Purifying

Manfaat sunflower oil untuk wajah selanjutnya adalah anti microbial dan memiliki efek putifying. Penelitian yang dilakukan  oleh Mar Drugs, memperlihatkan kalau GLA (Gamma-linoleic Acid), hasil konversi dari linoleic acid pada kulit dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selai itu, efektif juga dalam mengontrol bakteri Staphylococcus aureus yang menjadi penyebab inflamasi atopik dermatitis, dan jerawat. Bakteri ini sering ditemukan pada kulit dengan tanda-tanda stres seperti mudah gatal, kemerahan dan timbul jerawat.

4. Melembapkan Kulit

Manfaat sunflower oil lainnya adalah melembapkan kulit. Sunflower oil mengandung vitamin yang tinggi yang bisa membantu mempertahankan kelembapan alami kulit. 

Selain itu, kandungan asam lemak dan antioksidan di dalamnya membantu regenerasi kulit sekaligus melawan bakteri penyebab jerawat. Anda cukup mengoleskan langsung sunflower oil ke wajah untuk mendapatkan kulit halus, lembap dan bebas jerawat.

Itulah manfaat sunflower oil untuk perawatan wajah. Anda bisa memilih produk perawatan sehari-hari yang mengandung bahan ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News