Bugar

4 Manfaat Panthenol untuk Kulit Wajah pada Produk Skincare

4 Manfaat Panthenol untuk Kulit Wajah pada Produk Skincare

MOMSMONEY.ID - Perlu Anda tahu beberapa manfaat panthenol untuk kulit wajah yang terkandung di dalam produk skincare. 

Panthenol atau vitamin B5 mudah ditemukan pada kandungan berbagai produk skincare. Oleh karena itu, Anda perlu mengenal lebih jauh dari manfaat panthenol untuk kulit wajah.

Pada saat memilih produk skincare yang dipakai, kandungan panthenol bisa menjadi referensi Anda saat menentukan produk.

Baca Juga: Bisa Mengurangi Stres, Ini 5 Warna Cat yang Memiliki Efek Menenangkan

Lebih jelasnya, berikut empat manfaat panthenol untuk kulit wajah dilansir dari jovee.id, yaitu: 

1. Memperlambat penuaan kulit

Manfaat panthenol untuk kulit wajah adalah memperlambat penuaan kulit. Kandungan ini sebagai humektan yang membantu mengunci dan mempertahankan kelembapan dan membantu memperlambat proses penuaan kulit. 

Oleh karena itu, kulit yang lembab turut mendukung elastisitas kulit agar tetap kenyal dan sehat. Kulit lembab merupakan salah satu pertanda kulit sehat.

Kulit kering cenderung lebih cepat menua, karena kelembapan yang hilang buat garis-garis halus lebih terlihat.

2. Meningkatkan retensi kelembapan kulit

Manfaat panthenol untuk kulit wajah selanjutnya adalah meningkatkan retensi kelembapan kulit. Anda perlu tahu bahwa retensi kelembapan kulit adalah kemampuan kulit untuk menyimpan air dan menjaga hidrasi lapisan kulit.

Panthenol dapat menembus lapisan kulit bawah dan meningkatkan kadar air dalam sel, sehingga dapat mempertahankan kelembapan bertahan lebih lama di dalam jaringan.

Hal ini karena sifatnya sebagai humektan dan emolien. Humektan menarik dan mengikat air ke kulit, sementara emolien menutup celah-celah di kulit, menjaga agar air tetap terkunci

Baca Juga: Waspada! Inilah 4 Dampak Buruk Setelah Mencabut Bulu Ketiak

3. Memperkuat skin barrier kulit

Kandungan panthenol juga bisa memperkuat skin barrier kulit. Caranya, dengan meningkatkan perbaikan skin barrier dengan mencegah lapisan transepidermal kehilangan air.

Seiring dengan kelembapan kulit yang terjaga, hal ini juga membantu merangsang kinerja sel-sel yang meningkatkan fungsi pertahanan sel kulit.

Bahkan, studi klinis menunjukkan bahwa penggunaan emolien setiap hari mencegah dermatitis atopik dengan meningkatkan skin barrier pada kulit. Skin barrier yang kuat dan sehat, akan mengunci kelembapan dan mencegahnya untuk hilang.

4. Sebagai Anti Inflamasi

Manfaat panthenol untuk kulit wajah lainnya sebagai anti inflamasi pada kulit wajah. Sifat panthenol yang melembabkan juga didukung oleh anti inflamasi yang dimilikinya. Menjaga kulit tetap lembab dapat membantu kulit untuk tidak mudah teriritasi dan sensitif.

Sehingga, panthenol juga bisa digunakan untuk memperbaiki tekstur kulit yang kasar, kering, gatal, dan kemerahan terkait kondisi kulit seperti eksim, dermatitis, dan psoriasis.

Menurut studi tahun 2019 menjelaskan, panthenol dapat mengurangi kemerahan akibat cuaca musim dingin pada orang dengan kulit sensitif.

Skincare yang mengandung panthenol aman digunakan untuk pemilik kulit sensitif. Itulah manfaat panthenol untuk kulit wajah yang harus Anda tahu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News