HOME, Keluarga

4 Manfaat Minum Jus Delima bagi Kecantikan Kulit

4 Manfaat Minum Jus Delima bagi Kecantikan Kulit

MOMSMONEY.ID - Delima atau pomegranate merupakan tumbuhan asal Iran yang telah lama dikembangbiakkan di daerah Mediterania. Memiliki cita rasa kecut nan menyegarkan, daging dari buah delima menyatu dengan biji-biji kecilnya, sehingga perlu memakannya secara perlahan supaya biji delima utuh tidak ikut tertelan.

Kendati cenderung merepotkan, faktanya biji delima menyimpan beragam manfaat yang sayang jika dibuang begitu saja.

Sebagai solusi untuk mengonsumsi delima dengan lebih mudah beserta bijinya, Anda dapat mengolah delima menjadi segelas jus yang nikmat. Selain segar, minum jus delima juga akan memberikan efek yang menakjubkan bagi kulit Anda loh, Moms.

Melansir BeBeautiful, inilah 4 manfaat minum jus delima yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Baca Juga: 4 Mitos Seputar Menyusui yang Perlu Moms Ketahui

1. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Penuaan Dini

Penuaan memang tidak dapat dihindari, namun prosesnya dapat diperlambat dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu gaya hidup sehat untuk mencegah penuaan dini adalah mengonsumsi makanan kaya nutrisi, misalnya buah delima.

Mengonsumsi buah delima baik secara langsung maupun dalam bentuk jus terbukti mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Berkat kandungan antioksidannya yang sangat aktif bernama catechin, jus delima dapat merangsang produksi kolagen untuk memperlambat datangnya kerutan, garis halus, serta tanda penuaan kulit lainnya.

Tak sampai di situ, mengonsumsi jus delima juga bisa meningkatkan tekstur kulit sekaligus menghaluskan dan melembutkan kulit.

Adapun biji buah delima mengandung asam punicic yang bermanfaat untuk mengunci kelembaban ke dalam kulit dan membuatnya tetap terhidrasi.

2. Membuat kulit bercahaya

Kulit Glowing

Jus delima kaya akan vitamin C yang bermanfaat untuk menyehatkan dan memberikan cahaya alami pada kulit. Dengan rutin minum jus delima, itu akan mempromosikan pencernaan yang lancar dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh yang pada gilirannya akan membuat kulit Anda tampak lebih bersinar.

Yang tak kalah menakjubkan, jus delima mampu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari seperti bintik-bintik hitam dan pigmentasi serta mampu membantu mencegah warna kulit yang tidak merata.

3. Mengatasi jerawat

Jerawat

Jerawat dapat muncul karena berbagai faktor seperti ketidakseimbangan hormon, polutan lingkungan, kebiasaan skincare yang tidak sehat, kulit berminyak, hingga pola makan yang buruk.

Nah, dengan mengonsumsi jus delima yang tinggi antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E, itu akan membantu mengontrol produksi sebum yang pada akhirnya bisa mencegah sekaligus mengobati jerawat dan peradangan pada kulit.

Manfaat minum jus delima lainnya adalah mendetoksifikasi hati dan membantu proses pencernaan. Alhasil, racun-racun yang bertanggung jawab atas timbulnya jerawat pun akan keluar dari dalam tubuh Anda.

4. Melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari

Kerusakan kulit akibat sinar matahari

Seperti yang sudah disebutkan di atas, delima memiliki kemampuan untuk melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari seperti bintik-bintik hitam dan kerutan.

Saat Anda rutin mengonsumsi jus delima, kandungan-kandungan yang ada di dalamnya siap melindungi sel-sel kulit Anda dari kerusakan oksidatif. Polifenol yang ditemukan di dalam delima bahkan dapat berfungsi sebagai tabir surya alami yang tidak hanya bisa melindungi kulit tetapi juga mampu mengembalikan kondisi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Plus, dalam biji delima terdapat kandungan asam ellagic yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit, menawarkan perlindungan dari kanker kulit, serta menghambat pertumbuhan tumor. Sungguh luar biasa kan, Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News