HOME, Keluarga

4 Manfaat Menggunakan Humidifier untuk Kesehatan Kulit, Patut Dicoba!

4 Manfaat Menggunakan Humidifier untuk Kesehatan Kulit, Patut Dicoba!

MOMSMONEY.ID - Humidifier merupakan salah satu inovasi teknologi yang mampu menambahkan kelembaban pada udara sehingga akan sangat berguna dalam kondisi kering.

Bekerja dengan cara menyemprotkan uap air ke udara, humidifier ternyata menyimpan manfaat yang bagus bagi kulit karena bisa membantu menyeimbangkan tingkat kelembaban serta mencegah kulit menjadi kering dan kasar.

Selengkapnya, inilah 4 manfaat menggunakan humidifier untuk kesehatan kulit sebagaimana dilansir dari StyleCraze.

Baca Juga: Mudik Lebaran, Simak 6 Cara Mencegah Anak Mabuk Perjalanan!

1. Membantu mengurangi kehilangan air pada kulit

Tingkat kelembaban yang rendah dapat mengganggu fungsi skin barrier. Saat kondisi cuaca minim akan kelembaban, itu akan menyebabkan lipid dan minyak yang mengikat sel-sel kulit menguap secara bersamaan dan membuat lapisan dalam kulit terpapar bahaya eksternal.

Dengan melemahnya fungsi skin barrier, maka akan lebih banyak air yang menghilang dari permukaan kulit sehingga membuat kulit menjadi kasar dan kering. Selain itu, kerutan halus juga akan terbentuk saat kulit memiliki kelembaban yang rendah, menurut sebuah penelitian.

Sebagai solusinya, humidifier hadir untuk membantu menyeimbangkan tingkat kelembaban udara yang rendah.

2. Membantu mengatasi gangguan kulit

Udara kering dalam ruangan ber-AC dapat memperburuk kondisi kulit seperti xerosis (kulit kering) dan dermatitis atopik (kulit merah, meradang, dan gatal). Nah, penggunaan humidifier akan menambahkan kelembaban ke udara yang kering serta mencegah kondisi kulit semacam itu berkembang.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggunakan humidifier yang menghasilkan partikel air berukuran nano dapat menghidrasi kulit lebih baik, meningkatkan fungsi skin barrier, dan mengurangi kehilangan air transepidermal.

3. Mencegah infeksi bakteri dan virus pada kulit

Bakteri atau virus tertentu dapat tumbuh subur pada tingkat kelembaban tinggi maupun rendah. Mikroorganisme tersebut bisa menyebabkan infeksi kulit yang mengancam kesehatan dan kualitas kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa mikroorganisme itu lebih kecil kemungkinannya untuk bertahan hidup pada tingkat kelembaban relatif 30-60%. Dengan menggunakan humidifier, itu dapat membantu menyeimbangkan tingkat kelembaban sekaligus mencegah mikroba yang bisa memengaruhi kulit.

4. Melindungi kulit dari iritasi dan alergi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tingkat kelembaban yang rendah dapat memengaruhi fungsi skin barrier. Akibatnya, iritasi dan alergen akan lebih mudah menembus ke dalam kulit.

Jika dibiarkan, risiko penyakit kulit akan meningkat dan bisa membuat kambuh kondisi kulit yang sudah ada seperti dermatitis atopik. Jadi, humidifier layak untuk dipertimbangkan terutama bagi Anda yang berjuang dengan permasalahan kulit kering.

Setelah mengetahui manfaatnya, kira-kira apakah humidifier aman digunakan saat tidur? Tentu saja aman. Bahkan, penggunaan humidifier dapat sekaligus membebaskan kulit kepala Anda dari rasa gatal atau kekeringan serta membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak terutama jika Anda memiliki masalah sinus atau hidung tersumbat.

Apabila kulit Anda kering dan gatal, sangat disarankan bagi Anda untuk mengoleskan produk skincare yang melembabkan sebelum tidur guna mengoptimalkan kinerja humidifier dalam hal meningkatkan kelembaban kulit. Namun, selalu ingat untuk segera menghentikan penggunaan humidifier tatkala Anda mengalami masalah pernapasan setelah menggunakannya ya Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News