HOME, Santai

4 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui, Cari Tahu Yuk!

4 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui, Cari Tahu Yuk!

MOMSMONEY.ID - Kentut merupakan respon tubuh yang memiliki fungsi untuk melepaskan gas yang terperangkap dalam tubuh.

Kentut sendiri merupakan sebuah kondisi yang wajib dialami oleh manusia sebagai tanda bahwa tubuh bekerja dengan baik.

Tak hanya hal-hal tersebut saja, berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari kentut bagi kesehatan yang dirangkum dari laman Health Line.

Baca Juga: Ketahui 5 Bahan Alami untuk Merawat Kulit Halus dari Dalam

Mengurangi kembung

Perut yang terasa kembung disebabkan karena dipenuhi oleh banyak gas pada pencernaan. Kembung atau perut yang terasa penuh tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan dan memberikan rasa tidak nyaman.

Maka dari itu, mengeluarkan gas atau kentut merupakan hal yang harus dilakukan untuk membantu mengurangi perut yang terasa penuh dan kembung karena terlalu banyaknya produksi gas dalam tubuh.

Pencernaan sehat

Kentut juga bisa dijadikan sebuah tanda bahwa seseorang memiliki pencernaan yang sehat. Usus merupakan salah satu organ pencernaan yang mudah terganggu jika pencernaan tidak sehat.

Usus yang sehat juga banyak memiliki bakteri baik yang memproduksi gas. Hal tersebut disebabkan karena bakteri baik tersebut bisa mendapat makanan dan menguraikan makanan yang masuk ke dalam pencernaan. Sehingga menghasilkan kentut merupakan sebuah tanda pencernaan yang sehat.

Baca Juga: 3 Bumbu Dasar Masakan Siap Pakai yang Wajib Tersedia di Dapur, Intip Yuk!

Mengidentifikasi alergi

Ketika mengkonsumsi makanan yang membuat alergi, tubuh akan memproduksi tanda bahwa ada gangguan pada organ pencernaan.

Tanda yang ditimbulkan biasanya adalah diaer, mual, kembung dan juga kentut. Maka dari itu, perhatikanlah makanan yang dikonsumsi jika tubuh sering kentut setelah mengkonsumsi jenis makanan tertentu maka bisa jadi itu adalah tanda alergi.

Mengurangi sakit pada otot perut

Kegiatan makan, mengunyah makanan, menelan, hingga memproses makanan dalam organ pencernaan akan membuat tubuh menghasilkan gas.

Produksi gas tersebut akan membuat rasa sakit dan tidak nyaman terutama di area perut yang memiliki banyak otot. Namun kentut dapat membantu untuk mengurangi jumlah gas dan juga tekanan yang disebabkan karena proses pencernaan makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News