Bugar

4 Manfaat Calendula Oil untuk Wajah, Atasi Masalah Jerawat

4 Manfaat Calendula Oil untuk Wajah, Atasi Masalah Jerawat

MOMSMONEY.ID - Jarang yang tahu, inilah beberapa manfaat calendula oil untuk wajah. Calendula oil adalah ekstrak minyak dari bunga marigold yang sudah lama dimanfaatkan untuk kesehatan kulit wajah.

Bunga cantik ini sering digunakan sebagai obat tradisional dan kini menjadi kandungan di dalam produk skincare, seperti sabun muka dan krim wajah. 

Calendula oil memiliki sifat anti jamur, anti-inflamasi, dan antibakteri. Kandungan tersebut cocok untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Lebih jelasnya, berikut empat manfaat calendula oil untuk wajah dilansir dari herworld.co.id

Baca Juga: Bisa Dicoba, Ini 5 Cara Mengatasi Jerawat Buta Tanpa Meninggalkan Bekas

1. Mengatasi jerawat 

Manfaat calendula oil untuk wajah adalah mampu mengatasi masalah jerawat. Anda bisa memilih produk sabun muka yang mengandung bahan calendula.

Selain itu, bisa juga mengoleskan krim calendula atau minyak calendula di daerah yang rentan tumbuh jerawat. Anda bisa menggunakan masker wajah yang menggunakan calendula setiap minggunya.

Selain menyembuhkan jerawat, calendula oil juga dapat memperbaiki kondisi kulit Anda secara keseluruhan. Krim dengan kandungan ekstrak calendula mampu meningkatkan kekencangan dan kelembapan kulit. 

2. Mencegah infeksi

Manfaat calendula oil untuk wajah selanjutnya adalah mencegah infeksi. Infeksi yang disebabkan oleh gigitan serangga, luka kecil, lecet, hingga luka bakar ringan, dapat dicegah menggunakan calendula oil.

Menurut Phyllis A. Bach, penulis buku Prescription for Herbal Healing, menjelaskan, salah satu manfaat calendula oil adalah bisa membunuh bakteri staphylococcus aureus.

Baca Juga: Perbedaan Bekas Jerawat PIH dan PIE, Ini Cara Mengatasinya dengan Tepat

3. Cepat menyembuhkan luka

Selain mencegah infeksi, calendula oil juga bisa mempercepat penyembuhan luka. Menurut penelitian tahun 2013, penggunaan calendula oil dapat mempercepat waktu pemulihan pembedahan di daerah vagina saat melahirkan. 

Penelitian ini dilakukan pada wanita yang menggunakan calendula oil setiap delapan jam selama lima hari berturut-turut. Wanita yang menggunakan calendula oil menunjukkan pemulihan gejala seperti, kemerahan, bengkak, dan memar.

Penggunaan calendula oil dipercaya lebih efektif daripada perawatan standar lainnya.

4. Pengganti sunscreen

Terakhir, manfaat calendula oil untuk wajah adalah sebagai pengganti sunscreen. Sebuah penelitian menemukan kandungan SPF dalam calendula oil dengan formula krim.

Sehingga, calendula oil bisa digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar Matahari dan menjaga pigmentasi natural kulit wajah Anda. Namun, penggunaan sunscreen setiap harinya tetap perlu digunakan, ya. 

Itulah beberapa manfaat calendula oil untuk wajah yang harus Anda tahu. Menarik buat dicoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News