Bugar

4 Manfaat Bunga Camelia dalam Produk Skincare untuk Kulit

4 Manfaat Bunga Camelia dalam Produk Skincare untuk Kulit

MOMSMONEY.ID - Jarang diketahui, inilah beberapa manfaat bunga camelia dalam produk skincare untuk kulit. Bunga camelia banyak ditemukan di wilayah Asia, seperti Korea dan Cina. Bunga camelia telah banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku kosmetik. 

Selain memiliki warna dan bentuk yang cantik, bunga camelia bisa dimanfaatkan untuk merawat kulit. Melansir blog.avoskinbeauty.com, simak empat manfaat bunga camelian di sini: 

1. Kulit jadi lembab dan cerah

Kandungan bunga camelia dalam produk skincare bisa melembabkan dan mencerahkan kulit. Minyak Camelia banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan dan perawatan kulit.

Kandungan asam oleat dalam minyak Camelia bermanfaat melembapkan dan cepat terserap kulit. Minyak Camelia membantu kulit terasa lebih lembut, halus, dan menyamarkan keriput serta garis penuaan, serta mempercepat penyembuhan luka.

2. Menangkal radikal bebas

Manfaat bunga camelia untuk kulit selanjutnya adalah menangkal radikal bebas. Memiliki kandungan plifenol dan asam galat yang dapat bekerja sebagai antioksidan alami dari bunga camelia. Selain kedua kandungan ini, masih banyak lagi senyawa antioksidan dalam ekstrak bunga camelia.

Dengan menggunakan skincare berkandungan bunga camelia, maka keberadaan beberapa enzim antioksidan yang secara alami pada kulit kita akan semakin meningkat.

Antioksidan alami yang dimaksud adalah superosida dismutase, katalase, dan glutathione peroksidaser. Hal ini dapat meminimalisir dampak buruk radikal bebas, dan memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah karena masalah tersebut.

Baca Juga: Inilah 4 Obat Herbal yang Bisa Mengatasi Masalah Kulit, Apa Saja?

3. Menunda munculnya tanda penuaan kulit

Berikutnya, bunga camelia juga bisa menunda munculnya tanda penuaan kulit. Penggunaan bunga kamelia secara topikal, baik ketika dibuat secara alami sendiri atau menggunakan skincare, dapat merangsang produksi kolagen pada kulit.

Kolagen merupakan senyawa alami yang sebenarnya bisa diproduksi tubuh secara alami. Namun karena faktor usia dan paparan radikal bebas, produksi kolagen secara alami dapat berkurang.

Bunga camelia ini sangat membantu Anda yang ingin menjaga keremajaan kulit. Sebab bahan alami ini juga bisa menghambat kerja enzim pengurai kolagen yang dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput, kulit yang kasar dan kering, dan lainnya.

4. Mengatasi pori-pori besar

Manfaat bunga camelia lainnya adalah mengatasi pori-pori besar. Pori-pori yang besar tidak hanya membuat penampilan tidak bisa maksimal, karena riasan wajah yang digunakan juga tidak bisa menempel dengan kulit dan tidak dapat bertahan lama.

Pori-pori yang besar juga menyebabkan kulit wajah Anda jadi lebih mudah berminyak, hasilnya pori-pori akan tersumbat dan memicu munculnya jerawat atau komedo.

Untungnya, bunga camelia bisa menjadi pilihan yang efektif untuk mengatasi masalah pori-pori wajah yang besar. Hal ini karena kemampuan camellia japonica yang dapat merangsang produksi kolagen mampu memperkecil ukuran pori-pori wajah.

Itulah beberapa manfaat bunga camelia dalam produk skincare untuk merawat kulit Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News