Santai

4 Manfaat Angkat Beban yang Jarang Diketahui, Lebih Efisien Bakar Kalori

4 Manfaat Angkat Beban yang Jarang Diketahui, Lebih Efisien Bakar Kalori

MOMSMONEY.ID - Kerap dihindari saat berolahraga, ternyata angkat beban memiliki manfaat baik yang berguna bagi tubuh,

Olahraga angkat beban atau weightlifting adalah jenis olahraga yang banyak dihindari untuk dilakukan saat berolahraga, terutama bagi para wanita.

Tapi, olahraga angkat beban ternyata memiliki banyak manfaat baik jika dilakukan secara rutin. Baik bagi wanita maupun pria tentunya.

Simak dulu, yuk, beberapa manfaat olahraga angkat beban berikut:

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Olahraga yang Tidak Perlu Dipercaya

Meningkatkan mood

Olahraga angkat beban juga bisa membantu untuk meningkatkan mood serta meningkatkan level energi seseorang.

Laman Everyday Health menyatakan, olahraga angkat beban bisa membantu meningkatkan endorphin yang berperan dalam membantu mengurangi gejala depresi.

Selain itu, olahraga ini juga membantu meningkatkan kualitas tidur yang juga berpengaruh dalam meningkatkan mood.

Memperkuat tulang

Melakukan olahraga yang melatih kekuatan seperti angkat beban adalah salah satu latihan penting untuk melatih kekuatan tulang.

Olahraga angkat beban akan memberikan “stres” yang baik pada tulang yang kemudian akan mengirim pesan pada otak untuk melakukan aksi atau tindakan memperkuat tulang.

Sehingga, olahraga ini akan memiliki manfaat bagus untuk menghindari osteoporosis ataupun patah tulang seiring bertambahnya umur.

Baca Juga: Ingin Perut Terlihat Sixpack? Lakukan 5 Cara Bikin Otot Perut alias Abs Ini Saja

Tubuh menjadi kuat

Manfaat yang satu ini merupakan manfaat yang pastinya akan didapatkan ketika melakukan olahraga angkat beban. Dengan kuatnya kekuatan otot, melakukan kegiatan sehari-hari juga dapat dilakukan dengan mudah.

Ketika tubuh menjadi lebih kuat, maka speed, power, daya tahan, dan kekuatan untuk melakukan olahraga lainnya juga dapat menjadi lebih mudah.

Efisien membakar kalori

Laman Health Line menjelaskan, dengan melakukan olahraga angkat beban, metabolisme tubuh dapat ditingkatkan yang bisa membantu untuk membakar kalori.

Dengan memiliki atau membangun masa otot, akan membantu tubuh untuk membakar kalori lebih efisien. Di samping itu, olahraga angkat beban juga terbukti bisa membakar kalori bahkan 72 jam setelah melakukan olahraga angkat beban.

Nah, tunggu apa lagi, itulah tadi manfaat olahraga angkat beban. Mulai coba, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News