4 Manfaat Ampas Teh untuk Perawatan Wajah, Kulit Jadi Cerah!

Reporter: Rizka Noveliana
Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:25 WIB
 4 Manfaat Ampas Teh untuk Perawatan Wajah, Kulit Jadi Cerah!

MOMSMONEY.ID - Seringnya Anda akan segera membuang ampas teh setelah menggunakannya. Tapi jangan buru-buru dibuang karena ada manfaat baik yang bisa Anda rasakan. Teh mengandung vitamin C, vitamin E, anti-inflamasi, anti-bakteri yang baik untuk kecantikan kulit.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda memanfaatkan ampas teh sebagai bahan alami perawatan wajah. Melansir dari evamuliaclinic.com, inilah manfaat ampas teh untuk wajah yang harus Anda tahu, yaitu: 

Ampas teh

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat ampas teh untuk wajah pertama adalah mencerahkan kulit. Teh mengandung vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Meski teh sudah menjadi tengik, kandungan vitamin E tetap ada di dalam teh sehingga teh bisa mencerahkan kulit wajah dan menjaga elastisitas kulit.

Faktanya ampas teh mengandung 508 kali lebih banyak vitamin C dibandingkan lemon. Carany tidak sulit yaitu gunakan ampas teh yang sudah didiamkan semalaman. Oleskan ampas teh sebagai scrub atau sebagai masker pada wajah Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap hari. 

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Selanjutnya, manfaat ampas teh untuk wajah yaitu mengatasi masalah jerawat. Air endapan ampas teh memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antiseptik yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mencegah peradangan jerawat. Selain itu, ampas teh juga dapat mengurangi jumlah sebum yang mengganggu pori-pori, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Ini untuk Mengatasi Rambut Rontok Setiap Hari

3. Menghilangkan Mata Panda

Selain melembankan kulit dan mengatasi jerawat, ampas teh juga bisa menghialngkan mata panda. Memiliki mata panda bisa mengurangi penampilan Anda sehari-hari. Mata panda disebabkan oleh kurangnya durasi tidur, kelelahan, menangis berlebihan, alergi, dehidrasi, dan masih banyak lagi.

Mungkin mata panda dapat disamarkan dengan penggunaan kosmetik, seperti krim mata, alas bedak, atau bedak. Namun, lebih baiknya jika Anda bisa menyingkirkan mata panda tersebut. Menggunakan ampas teh mungkin bisa menjadi solusi untuk menghilangkan mata panda. 

4. Membersihkan dan Menyejukkan Kulit

Manfaat ampas teh untuk wajah selanjutnya adalah dapat membersihkan dan menyejukkan kulit. Teh mengandung sifat antibakeri yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah. Gunakan air ampas teh untuk mencuci muka setiap hari di pagi hari atau sebelum tidur di malam hari. Jika Anda melakukan ini secara teratur, wajah akan selalu bersih.

Selanjutnya, ampas teh juga mengandung anti inflamasi yang berfungsi untuk menyegarkan wajah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan air ampas teh untuk wajah dengan cara mengompresnya. Gunakan kain atau kapas dan rendam dalam air teh tengik yang dibiarkan semalaman. Kemudian, oleskan pada wajah sebagai penyejuk untuk kulit wajah.

Selanjutnya: Ini Beda Generasi Millenial, Generasi X, Y, Alpha, dan Baby Boomers

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru