HOME, Keluarga

4 Manfaat Aktivitas Olahraga Rutin untuk Anjing Peliharaan

4 Manfaat Aktivitas Olahraga Rutin untuk Anjing Peliharaan

MOMSMONEY.ID - Anjing merupakan hewan yang lincah dan punya banyak energi, sehingga mereka membutuhkan aktivitas rutin untuk menyalurkan energinya. Maka tak heran, bila pada zaman dulu, beberapa ras anjing dikembangkan sebagai anjing pemburu, penggembala, dan pelindung.

Namun, anjing-anjing rumahan tak selalu mendapatkan banyak kegiatan untuk membuat mereka mengeluarkan energi dan lelah. Ini dapat meningkatkan rasa bosan mereka dan mengembangkan perilaku destruktif yang tidak diinginkan.

Anjing yang sehat secara fisik memiliki lebih sedikit masalah kesehatan, perilaku yang baik, dan umur yang lebih panjang. Oleh karena itu, memberinya olahraga akan dapat memberikan banyak manfaat. Untuk mengetahui apa saja manfaatnya, simak poin-poinnya berikut ini.

Baca Juga: 5 Hal yang Dapat Dilakukan untuk Menangani Kenakalan Anjing

Mengatasi Obesitas

Dilansir dari First Vet, studi menunjukkan bahwa lebih dari 50% anjing kelebihan berat badan atau obesitas. Ini biasanya terjadi karena kombinasi dari makan berlebihan dan kurang berolahraga.

Akhirnya, risiko masalah kesehatan pun muncul, seperti diabetes, penyakit jantung, masalah hati, dan penyakit pernapasan. Untuk mengatasi obesitas, anjing membutuhkan diet rendah kalori dan diimbangi dengan olahraga teratur.  

Mengatasi Stres

Anjing menggonggong karena suatu alasan atau untuk mengomunikasikan sesuatu kepada Anda. Namun, jika anjing menggonggong tanpa alasan yang jelas, maka bisa jadi alasannya karena bosan. Anjing yang bosan karena tidak memiliki kesempatan untuk menyalurkan energi yang dimilikinya. Ini dapat mengembangkan stres.

Dalam hal ini, olahraga yang diberikan dapat menjadi stimulasi mental yang dapat menghilangkan perilaku anjing yang tidak diinginkan, seperti mengunyah, menggali, merusak, hiperaktif, dan menggonggong berlebihan.

Baca Juga: Mengenal Kondisi Bulu Darah pada Burung Peliharaan dan Cara Merawatnya

Mengurangi Kemungkinan Masalah Kesehatan, Terutama untuk Anjing Senior

Olahraga adalah salah satu cara yang baik untuk mendapatkan kesehatan jangka panjang. Terutama untuk anjing-anjing senior. Mereka tak hanya dianjurkan, tetapi memang harus melakukannya. Dilansir dari Petmd, olahraga membantu meningkatkan kelenturan dan daya tahan, memperkuat otot-otot di sekitar persendian, serta membantu mencegah masalah kesehatan karena obesitas.

Olahraga juga dapat membantu fungsi usus, yang sangat penting untuk anjing senior. Anda dapat mencoba latihan yang ringan untuk anjing senior, seperti berjalan-jalan dan berenang.

Memperkuat Ikatan Hubungan dengan Pemilik  

Semua anjing membutuhkan aktivitas teratur dan menikmati interaksi sosial yang terjadi selama aktivitas itu dilakukannya. Bila sesi olahraga dilakukan bersama Anda, ini akan memberikan kesempatan Anda untuk memiliki ikatan hubungan baik dengannya. Anjing akan semakin nyaman dan aman bersama Anda, serta meningkatkan kepercayaannya kepada Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News