HOME, Bugar

4 Makanan yang Harus Anda Konsumsi untuk Merawat Rambut dan Kulit

4 Makanan yang Harus Anda Konsumsi untuk Merawat Rambut dan Kulit

MOMSMONEY.ID - Merawat kulit dan rambut tidak hanya dari skincare atau produk perawatan rambut yang anda gunakan saja. Namun, anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Sehingga, anda tidak hanya mendapatkan vitamin dari produk perawatan saja tetapi dari makanan yang anda konsumsi.

Selain itu, makanan yang sehat juga dapat mengoptimalkan cara kerja produk perawatan kulit dan rambut. Agar kulit dan rambut anda selalu indah, anda perlu mengimbangkan makanan sehat dengan produk skincare yang digunakan. 

Melansir dari id.oriflame.com, ada empat makanan yang harus anda konsumsi untuk merawat rambut dan kulit, yaitu :

1. Ikan dan Makanan Laut

Ikan Mentah Seafood

Makanan yang bagus untuk kulit dan rambut adalah ikan dan makanan laut. Seperti yang anda tahu bahwa makanan laut memiliki berbagai nutrisi seperti asam lemak, vitamin, hingga mineral.

Semua nutrisi tersebut memberikan banyak manfaat kesehatan yang memengaruhi kondisi rambut dan kulit. Selenium adalah mineral yang membantu menyehatkan rambut serta kulit kepala dan tembaga bermanfaat untuk mencegah munculnya uban. Sementara niacin, biotin, dan yodium berkontribusi untuk membantu menguatkan kondisi kulit.

2. Buah Beri-Berian

Buah Stroberi

Buah beri-berian juga bagus untuk kecantikan kulit dan rambut anda. Selain memang rasanya yang nikmat, buah beri memiliki nutrisi seperti Vitamin C yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen.

Selain itu, buah beri-berian juga mengandung jenis antioksidan yang disebut polyphenols. Beri hitam dan stroberi adalah sumber buah yang sangat bagus.

Baca Juga: Inilah Cara Menghitamkan Alis Mata Secara Alami dengan Cengkeh

3. Kacang dan Biji-Bijian

Kacang mede

Makanan yang harus anda konsumsi selanjutnya yaitu kacang-kacangan dan biji-bijian. Jenis kacang walnut, almond, chia seeds, sunflower dan pumpkin seeds. Apapun jenis kacang atau biji-bijian kesukaan  anda, semuanya memiliki manfaat untuk membuat anda tampak lebih cantik dan cerah.

Nutrisi seperti biotin, selenium, dan zinc, dapat membuatu kulit tampak kencang, lembap, dan bersinar, serta rambut tampak kuat dan berkilau.

4. Sayuran Berwarna Hijau

Makanana Sehat bayam

Makanan yang harus anda konsumsi untuk kulit dan rambut lainnya adalah sayuran berwarna hijau. Sayuran berwana hijau seperti bayam, brokoli, caysim, dan kangkung merupakan sayur andalan bagi kecantikan anda karena kaya akan zat besi, beta karotena, vitamin C, dan mineral. 

Nutrisi yang mudah larut dalam air, seperti Vitamin C, dalam sayuran hijau dapat mudah hilang bila dimasak terlalu lama. Jadi mengonsumsi sayuran dalam keadaan mentah sangat direkomendasikan

Selanjutnya: 5 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Menjadi Tirus Secara Alami, Mudah Dilakukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News