4 Makanan untuk penderita asam urat, bisa jadi pilihan

Penulis: Belladina Biananda
Kamis, 17 Juni 2021 | 19:20 WIB
4 Makanan untuk penderita asam urat, bisa jadi pilihan

MOMSMONEY.ID - Jumlah asam urat yang terlalu tinggi berbahaya untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Salah satu cara untuk mengatasi hal itu adalah dengan mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat.

Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak jenis makanan yang dapat Anda pilih.

Satu hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk mengontrol jumlah asam urat adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung sedikit purin.

Alih-alih mengonsumsi daging merah, jeroan, atau minuman beralkohol, cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi lebih banyak.

Untuk menentukan jenis makanan apa yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin, ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan dokter.

Biasanya, dokter akan memberi saran tentang beberapa jenis makanan yang tidak akan mengganggu efektivitas obat yang sedang Anda konsumsi.

Produk olahan susu

Produk olahan susu bisa dikonsumsi bagi Anda yang memiliki jumlah asam urat tinggi. Alasannya karena protein dalam produk olahan susu mampu menurunkan jumlah asam urat.

Namun, Very Well Health merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi produk olahan susu rendah lemak agar berat badan Anda lebih terkontrol.

Baca Juga: Cukup dikompres, ini bahan alami yang bisa meredakan nyeri akibat asam urat tinggi

Buah sitrus

Beberapa jenis buah yang tergolong dalam buah sitrus adalah jeruk nipis, lemon, jeruk bali, dan beberapa jenis buah jeruk yang lain. Nah, buah-buahan tersebut termasuk dalam kategori makanan untuk penderita asam urat.

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 500 mg vitamin C per hari bisa jadi salah satu cara mengontrol jumlah dan efek asam urat tinggi. Untuk memenuhi jumlah vitamin C tersebut, Anda perlu rutin mengonsumsi buah sitrus.

Sayur

Very Well Health merekomendasikan untuk mengonsumsi sayur agar jumlah asam urat turun. Sayur mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Dengan rutin mengonsumsi sayur, berat badan bisa lebih stabil sehingga efek asam urat tinggi pun dapat Anda hindari.

Baca Juga: 9 Buah untuk mengobati asam urat, apa saja?

Buah Ceri

Buah ceri termasuk salah satu makanan untuk penderita asam urat.

Buah ceri termasuk salah satu makanan untuk penderita asam urat yang bisa Anda jadikan pilihan. Bukan tanpa alasan, jenis buah itu mampu menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh sehingga gejala-gejalanya lebih mudah Anda hindari.

Biasanya, jumlah asam urat yang terlalu tinggi mengakibatkan sendi-sendi dalam tubuh mengalami inflamasi. Nah, buah ceri mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang efektif mengatasi rasa sakit yang muncul.

Selanjutnya: Cukup minum air perasan jeruk nipis, asam urat tinggi kandas

Editor: Belladina Biananda
Terbaru