Santai

4 Makanan Rendah Kalori untuk Sahur, Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

4 Makanan Rendah Kalori untuk Sahur, Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

MOMSMONEY.ID - Jika saat ini Anda sedang dalam masa puasa, cobalah untuk menyiapkan beberapa jenis makanan rendah kalori yang bikin awet kenyang berikut ini.

Makanan sehat, rendah kalori, dan dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama tentu saja akan menjadi pilihan santapan di kala puasa, terutama ketika sahur.

Makanan yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama ini ternyata dapat ditemui dan diolah dengan mudah untuk sahur.

Nah, berikut 5 makanan rendah kalori yang dapat dijadikan pilihan untuk menu sahur dan bikin awet kenyang:

Baca Juga: 4 Buah Ini Tinggi Kandungan Air, Bisa Cegah Dehidrasi kala Puasa

Sayuran

Semua jenis sayuran adalah sumber makanan yang memiliki kalori rendah. Namun, tetap banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Mengonsumsi sayur setiap hari tentunya akan membantu menjaga kesehatan saat sedang berpuasa. 

Dengan mencampurkan sayuran seperti tomat, lettuce, paprika, zucchini, mentimun, dan sayuran lainnya ke dalam mangkuk salad besar, tak akan membuat kalori bertambah banyak.

Jadi, ada baiknya untuk mengkonsumsi sayuran dalam jumlah banyak, agar tubuh bisa merasa kenyang lebih lama.

Bawang

Bumbu dapur ini juga memiliki kalori rendah yang dapat di masukan dalam menu sahur. Satu siung bawang hanya mengandung kurang dari 5 kalori saja.

Bawang juga memiliki banyak kandungan vitamin C, vitamin B6, dan juga sumber mangan.

Mangan merupakan salah satu jenis mineral penting yang dibutuhkan oleh otak, sistem saraf, dan sistem enzim tubuh.

Baca Juga: 6 Fungsi Sahur yang Wajib Diketahui Bagi Anda yang Sering Melewatkan Makan Sahur

Yogurt

Walaupun tak semua yogurt memiliki kalori yang rendah, memilih yogurt yang memiliki protein tinggi dapat membuat kenyang lebih lama. Sehingga, akan lebih mudah terhindar dari munculnya keinginan untuk makan terus.

Laman Womens Health Mag menjelaskan, ada baiknya untuk memilih yogurt low fat atau rendah lemak. Jangan lupa untuk selalu membaca label kandungan gizi ataupun bahan-bahan, untuk memastikan bahwa kandungan protein lebih banyak ketimbang gula.

Oatmeal

Oatmeal juga merupakan makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sedang berpuasa. Makanan ini sudah terbukti dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Pilih selalu oatmeal yang memiliki rasa tawar atau original untuk dikonsumsi. Karena oatmeal tersebut tidak memiliki banyak gula tambahan. Rasa manis dapat juga ditambahkan dengan menambahkan madu atau buah-buahan yang dapat disantap sebagai menu sahur sehat.

Baca Juga: Bikin Cepat Lapar dan Haus, Ini 5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Sahur

Buah semangka

Buah ini dikenal karena banyaknya kandungan air yang dimiliki dalam satu buah semangka besar. Menurut laman Medical News Today, buah semangka adalah buah yang kaya akan vitamin A dan C.

Selain itu buah ini juga menjadi buah yang banyak mengandung vitamin B6.  Sepuluh buah melon besar hanya mengandung 37 kalori saja, lo.

Tentu saja, memakan buah ini sebagai snack sahur akan membuat program puasa menjadi lebih sehat.

Itu tadi adalah sederet makanan rendah kalori namun bisa membuat kenyang lebih lama yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur. Mulai siapkan, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News