Santai

4 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil, Ya! Berbahaya!

4 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil, Ya! Berbahaya!

MOMSMONEY.ID - Makanan adalah salah satu hal yang berperan penting saat dalam masa kehamilan. Kesehatan bayi dalam kandungan dapat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi sang ibu.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya dijauhi dan tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dalam masa kehamilan untuk menjaga kesehatan janin.

Berikut ini adalah beberapa daftar makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil saat sedang dalam masa kehamilan.

Baca Juga: Bisa Mengatasi Kemandulan, Ini Manfaat Lain Daun Sambung yang Perlu Diketahui

Makanan mentah

Makanan mentah yang belum diproses biasanya masih mengandung banyak bakteri dan virus. Hal tersebut tentunya dapat mengganggu kesehatan bayi dan kandungan.

Jauhi makanan mentah seperti sushi, sashimi, daging mentah, telur setengah matang, dan juga seafood mentah. Karena biasanya reaksi alergi hingga terinfeksi bakteri akan lebih mudah terserang saat dalam masa kehamilan.

Seafood

Meskipun seafood merupakan sumber makanan yang mengandung banyak protein yang baik bagi kesehatan janin, namun beberapa makanan laut mengandung banyak merkuri yang berbahaya bagi ibu hamil.

Laman Mayo Clinic menjelaskan bahwa terlalu banyak memakan makanan yang mengandung mercury bisa mengganggu perkembangan sistem saraf bayi. Jadi sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi ikan-ikanan atau seafood yang memiliki ukuran besar karena semakin besar ukuran ikan maka kandungan merkurinya akan lebih banyak.

Baca Juga: 5 Bagian Tubuh Ini Sering Sakit saat PMS, Cari Tahu Yuk Penyebabnya!

Produk makanan yang belum dicuci

Saat dalam masa kehamilan, ada baiknya untuk menghindari makanan yang dikonsumsi tanpa mencuci terlebih dahulu.

Mengkonsumi buah dan sayur yang belum dicuci juga sebaiknya dijauhi saat sedang dalam masa kehamilan. Cuci bersih terlebih dahulu semua makanan yang akan dikonsumsi pada masa kehamilan agar makanan dapat terhindar dari bakteri dan kontaminasi produk-produk yang digunakan saat memproduksi makanan tersebut.

Makanan proses atau junk food

Makanan proses atau junk food juga merupakan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi ibu hamil di masa kehamilan. Laman Health Line menjelaskan bahwa makanan junk food merupakan makanan yang rendah nutrisi dan tinggi dalam kandungan gula, kalori, dan lemak.

Tentu saja hal tersebut merupakan hal yang mempengaruhi kenaikan berat badan ibu hamil. Kenaikan berat badan yang berlebih dan disebabkan karena makanan yang tidak sehat dapat memicu komplikasi dan penyakit yang bisa terjadi semasa hamil atau masa kelahiran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News