HOME, Keluarga

4 Latihan Fisik untuk Membantu Mengencangkan Vagina

4 Latihan Fisik untuk Membantu Mengencangkan Vagina

MOMSMONEY.ID - Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan vagina menjadi kendur. Di antaranya persalinan, kehidupan seksual, dan menopause. Akibat faktor-faktor tersebut, vagina mungkin akan kehilangan elastisitasnya dan terasa kurang kencang dibandingkan dulu.

Selain itu, vagina yang mengendur juga bisa disebabkan oleh kebocoran urin dan masalah seksual seperti kehilangan sensitivitas atau orgasme.

Tak perlu khawatir berlebihan jika vagina Anda mulai terasa kurang kencang. Karena,  Anda tetap bisa memperkuat dan membuatnya lebih kencang dengan mempraktikkan vaginal exercises atau latihan fisik khusus vagina.

Di antara banyaknya latihan fisik yang ada, berikut empat di antaranya yang patut Anda coba sebagaimana dilansir dari Pristyn Care.

1. Kegel

Kegel

Latihan fisik pertama yang mampu mengencangkan otot vagina adalah kegel. Dapat sekaligus membantu mengobati inkontinensia, kegel pada dasarnya merupakan relaksasi dan pengencangan otot-otot yang mengatur aliran urin.

Untuk melakukan kegel, pastikan kandung kemih Anda dalam keadaan kosong terlebih dahulu. Setelah itu, berbaring atau duduklah dengan nyaman.

Baca Juga: Waspadai 5 Penyebab Turunnya Berat Badan yang Tak Diharapkan pada Kucing Peliharaan

Kencangkan otot-otot vagina Anda selama sekitar 8 detik dan kembali bersantai selama 10 detik. Ulangi selama 10 kali putaran. Anda dapat mengulangi latihan kegel sebanyak 2-3 kali pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Supaya vagina tidak menjadi terlalu kencang dan terasa sakit saat berhubungan seks, pastikan untuk tidak melakukan kegel secara berlebihan. Plus, jangan lakukan latihan ini saat Anda sedang buang air kecil karena dapat melemahkan otot-otot vagina dan menyebabkan kerusakan ginjal dari waktu ke waktu.

2. Squat

Squat

Latihan fisik untuk membantu mengencangkan vagina yang kedua adalah squat. Squat tidak hanya bagus untuk mengencangkan otot vagina, tetapi juga bagus untuk otot inti, bokong, paha depan, dan paha belakang.

Mula-mula, berdirilah dengan posisi kaki sejajar dengan bahu. Kemudian, turunkan tubuh Anda sampai bagian bokong sejajar dengan lutut. Pada saat itu, dorong kembali tubuh Anda ke atas atau ke posisi awal dengan menggunakan kaki.

Ulangi gerakan sebanyak 20 kali dan lakukan setiap hari guna melihat hasilnya dalam beberapa minggu.

3. Glute bridge

Glute bridge

Glute bridge termasuk latihan fisik yang mampu mengencangkan vagina sekaligus otot inti dan bokong.

Untuk melakukan glute bridge, pertama Anda harus berbaring di lantai. Lanjutkan dengan mengangkat lutut ke atas dan pisahkan masing-masing lutut sedikit dengan posisi kaki masih menempel pada lantai.

Secara perlahan, angkat pinggul Anda dan tekankan dasar panggul pada saat yang bersamaan. Angkat seluruh punggung dengan bahu bertumpu di lantai. Lakukan hingga tubuh Anda terlihat seperti jembatan.

Setelah berhasil, kembalikan tubuh Anda ke postur awal sembari menjaga tekanan pada dasar panggul supaya tidak berubah. Untuk hasil terbaik, Anda bisa melakukan 3-4 kali glute bridge setiap hari.

4. Berhubungan seksual

Ilustrasi Berhubungan Seksual

Orgasme merupakan latihan kegel yang ideal. Selama orgasme, vagina akan berkontraksi dan berelaksasi dengan interval 0,8 detik. Dalam kebanyakan kasus, mengalami orgasme secara teratur merupakan latihan yang terbilang cukup untuk mengencangkan otot vagina.

Jadi, agendakan untuk melakukan seks secara rutin dengan pasangan Anda guna menjaga vagina tetap kencang sekaligus menjaga keharmonisan kehidupan seks dan mencegah masalah inkontinensia urin.

Yang tak kalah penting, berhubungan seks secara teratur juga akan meningkatkan kepercayaan diri serta membuat Anda merasa bahagia dan lebih muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News