Keluarga

4 Kunci Utama Perbedaan Kecap Asin vs Kecap Ikan untuk Masakan

4 Kunci Utama Perbedaan Kecap Asin vs Kecap Ikan untuk Masakan

MOMSMONEY.ID - Masih sering bingung membedakan kecap asin dengan kecap ikan? Ini dia sederet perbedaannya dari mulai rasa hingga kegunaannya sebagai bahan masakan.

Kecap asin berbeda dengan kecap ikan. Meski kedua jenis bumbu ini kerap kali jadi bahan utama dalam berbagai jenis masakan, namun nyatanya kedua bumbu ini punya cita rasa yang berbeda.

Lantas, apa saja sih perbedaan kecap asin dan kecap ikan? Melansir dari Spiceography dan Thai Food Paradise, berikut 4 perbedaannya!

Baca Juga: Baking Powder, Baking Soda, dan Soda Kue, Apa Persamaan dan Perbedaannya?

Aroma

Perbedaan aroma kedua kecap ini cukup jelas dapat dirasakan.

Kecap ikan memiliki aroma bau yang cukup khas. Beberapa bahkan menganggap aromanya cukup mengganggu. Kecap ikan memiliki aroma amis yang berasal dari ikan yang difermentasi.

Sementara kecap asin memiliki aroma yang tidak terlalu menyegat seperti kecap ikan. Aroma kecap asin cukup sulit digambarkan. Namun begitu, aroma kecap asin tak terlalu mengganggu hidung.

Kecap Asin dan Kecap Ikan

Baca Juga: Chia Seed vs Biji Selasih, Ini 6 Perbedaan Utama Tampilan, Rasa, hingga Kandungannya

Bahan utama

Kecap asin dan kecap ikan sebenarnya memiliki sebuah persamaan, yakni bergantung pada kandungan garam. Sebab, keduanya memang punya cita rasa asin yang khas.

Meski begitu, tetap tertadap perbedaan yang jelas antara kecap asin dengan kecap ikan, yakni terletak pada bahan utamanya.

Kecap ikan terbuat dari ikan yang difermentasi. Sementara kecap asin terbuat dari kedelai & gandum yang difermentasi.

Baca Juga: 4 Kunci Utama Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih Sebagai Bumbu Masakan

Warna

Dari segi warna, perbedaan kecap asin dan kecap ikan dapat dilihat secara jelas.

Kecap asin memiliki warna coklat tua yang cukup pekat yang tidak bisa ditembus oleh cahaya. Sementara kecap ikan memiliki warna coklat yang lebih terang dan agak bening.

Kecap Ikan

Baca Juga: 4 Jenis Saus Masakan yang Cocok untuk Berbagai Jenis Hidangan

Cara memasak

Kecap asin dan kecap ikan memiliki cara masak yang berbeda.

Khusus untuk kecap ikan, agar bau amis dari kecap ikan tak terlalu menyengat, Anda bisa menggunakan sedikit perasan jeruk nipis/lemon.

Meski sedikit, perasan jeruk nipis dapat membuat kecap ikan tak terlalu berbau. Sayangnya, perasan jeruk nipis akan membuat efek rasa yang sedikit berubah.

Kecap Asin

Baca Juga: 5 Perbedaan Istilah Yakiniku dan Teriyaki Pada Makanan Jepang

Apabila Anda tak mau rasanya berubah, Anda bisa dengan bijak mencelupkan makanan ke kecap asin dengan sangat sedikit.

Sementara untuk kecap asin, Anda akan memperoleh rasa sedap yang sama seperti kecap ikan, tapi tanpa adanya bau menyengat.

Kecap asin juga sangat ideal bagi mereka yang merupakan vegan atau yang memiliki alergi terhadap kandungan ikan. Sayangnya, kecap asin tidak bisa dikonsumsi bagi mereka yang memiliki perut sensitif terhadap gluten.

Itulah berbagai perbedaan yang dapat Anda ketahui dari kecap asin dan kecap ikan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News