HOME, Keluarga

4 Kesalahpahaman Mengenai Konsep Rumah Minimalis

4 Kesalahpahaman Mengenai Konsep Rumah Minimalis

MOMSMONEY.ID - Rumah bergaya minimalis yang modern dan simpel belakangan banyak disukai masyarakat. Tak heran, sebab gaya rumah yang satu ini bisa menghadirkan tampilan rumah yang cantik tanpa memerlukan banyak dekorasi atau hiasan.

Walaupun begitu, konsep rumah minimalis sebenarnya masih banyak disalahpahami, lo. Hal ini membuat kebanyakan rumah minimalis di Indonesia terlihat berbeda dari rumah minimalis yang seharusnya.

Supaya rumah terlihat minimalis sepenuhnya, tentu kesalahpahaman tersebut harus diluruskan. Nah, kira-kira apa saja kesalahpahaman yang dimaksud? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Mengenal Beragam Model Atap yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Rumah minimalis berarti rumah yang kecil

Selama ini, banyak orang yang beranggapan bahwa rumah minimalis berarti rumah yang berukuran kecil atau sempit. Walaupun rumah minimalis rata-rata memang memiliki ukuran yang kecil, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Pasalnya, rumah minimalis berarti rumah yang menggunakan konsep minimalisme. Dilansir dari The Spruce, rumah bergaya minimalis bertujuan untuk fokus pada hal-hal yang penting saja. Artinya, barang-barang di rumah minimalis harus mengutamakan fungsinya dulu, baru penampilannya.

Jadi, rumah kecil yang didekorasi dengan banyak hiasan tidak bisa disebut sebagai rumah minimalis. Untuk mewujudkan rumah minimalis, Anda cukup menggunakan furnitur atau perabotan yang dianggap perlu dengan desain dan warna yang simpel, tidak peduli seberapa besar ukuran rumahnya.

Rumah minimalis harus kosong tanpa dekorasi

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, rumah minimalis mengutamakan penggunaan furnitur atau perabotan yang dianggap perlu.

Namun, bukan berarti Anda harus membiarkan rumah terlihat kosong tanpa dekorasi. Menurut Custom Home Group, rumah dengan dekorasi yang terlalu sedikit bisa memberi kesan dingin dan tidak menyenangkan, seakan-akan rumah tersebut belum selesai didekorasi.

Pada dasarnya, Anda boleh-boleh saja menggunakan dekorasi di rumah minimalis. Namun, gunakan dekorasi yang terlihat simpel dan fungsional dengan jumlah yang secukupnya saja.

Baca Juga: Cara Mendekorasi Ruang Tamu Supaya Terlihat Minimalis, Yuk Simak

Rumah minimalis harus menggunakan warna putih

Memang, warna putih yang bersih dan simpel sangat cocok digunakan pada rumah minimalis. Namun, hal ini bukan berarti Anda harus menggunakan warna putih di setiap sisi dinding rumah minimalis.

Dikutip dari 99.co, Anda masih tetap bisa menggunakan warna-warna lain sambil menonjolkan unsur minimalis di dalam rumah. Misalnya, gunakan warna-warna netral atau warna earth tone yang kalem, misalnya coklat, abu-abu, atau krem.  

Baca Juga: Banyak Diminati, Ini Keunggulan Furnitur Rotan yang Wajib Diketahui

Rumah minimalis harus menggunakan furnitur kecil

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan furnitur berukuran kecil di rumah minimalis. Di satu sisi, hal ini masuk akal mengingat furnitur kecil cenderung membuat rumah terasa lapang. Namun, furnitur kecil tidak selamanya cocok untuk rumah minimalis.

Pasalnya, Anda juga harus memperhatikan kesesuaian ruangan dengan furnitur yang digunakan. Jika furnitur yang digunakan terlalu kecil atau tidak sesuai dengan tema ruangan, interior rumah Anda bisa terasa tidak proporsional sehingga tidak enak dipandang.

Itulah beberapa kesalahpahaman mengenai rumah minimalis yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, sekarang sudah lebih paham kan?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News