HOME, Keluarga

4 Kesalahan Menggunakan Sheet Mask yang Sering Terjadi. Bikin Hasil Kurang Maksimal!

4 Kesalahan Menggunakan Sheet Mask yang Sering Terjadi. Bikin Hasil Kurang Maksimal!

MOMSMONEY.ID - Di antara banyaknya produk skincare yang ada, sheet mask menjadi salah satu produk favorit banyak orang. Selain praktis digunakan, masker lembaran kaya serum ini juga cenderung memberikan hasil yang terlihat dan terasa instan sesaat setelah digunakan.

Kendati demikian, ada saja kebiasaan-kebiasaan dalam menggunakan sheet mask yang sebenarnya salah namun masih dilakukan oleh orang-orang.

Bikin hasil kurang maksimal, inilah 4 kesalahan dalam penggunaan sheet mask yang perlu diperbaiki sekarang juga sebagaimana dilansir dari Garnier.

Baca Juga: Kenali 4 Bahaya Photo-Polluaging Terhadap Kesehatan Kulit Wajah

1. Tidak mempersiapkan kulit

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari sheet mask yang Anda gunakan, maka Anda harus mengawalinya dengan wajah yang bersih. Sebaliknya, jika wajah Anda masih dipenuhi residu makeup, kotoran, minyak, maupun keringat, serum yang ada pada sheet mask pun tidak akan terserap sepenuhnya ke dalam kulit.

Sebelum menggunakan sheet mask, pastikan untuk mencuci wajah Anda dengan produk cleanser yang lembut namun efektif untuk mengangkat kotoran atau sisa makeup. Mengawali penggunaan sheet mask dengan membersihkan kulit wajah terlebih dahulu akan membantu semua bahan aktif dari serum meresap jauh ke dalam kulit dan bekerja secara ajaib.

2. Mendiamkan sheet mask terlalu lama

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa mendiamkan sheet mask dalam waktu lama akan memberikan hasil yang maksimal. Faktanya, menggunakan sheet mask hingga mengering justru akan memberikan efek sebaliknya. Sheet mask yang didiamkan terlalu lama akan menyebabkan sheet mask menyerap kembali semua serum yang baru saja menempel pada wajah Anda.

Dalam beberapa kasus, kebiasaan tersebut juga bisa mengeluarkan kelembaban dari dalam kulit. Jadi, aturlah timer selama 15 menit dan lepas sheet mask ketika timer berbunyi. Supaya sheet mask dapat bekerja secara efektif, selalu ingat untuk mematuhi setiap instruksi yang ada pada kemasan sheet mask ya.

3. Membilas wajah setelah melepas sheet mask

Salah satu kesalahan paling umum yang telah dilakukan oleh banyak orang adalah membilas atau mencuci wajah setelah sheet mask dilepas. Padahal, serum pada sheet mask membutuhkan waktu untuk terserap ke dalam kulit. Saat Anda langsung membilas wajah setelah menggunakan sheet mask, semua serum yang seharusnya diserap oleh kulit pun akan menghilang.

Untuk itu, jangan buru-buru menuju kamar mandi sebelum kulit wajah Anda kering. Agar serum dalam sheet mask dapat terserap dengan lebih baik, pijatlah wajah Anda yang masih basah oleh serum dengan lembut. Supaya tidak mubadzir, Anda juga bisa menggunakan kelebihan serum dari sheet mask pada area leher.

4. Melewatkan rutinitas skincare lainnya

Sheet mask memang mampu membantu memberikan dorongan hidrasi yang intens ke kulit Anda. Kendati demikian, produk tersebut tidak dapat memenuhi semua kebutuhan kulit Anda. Anda masih perlu melanjutkan rangkaian perawatan kulit lainnya guna membantu mengunci semua kebaikan dari sheet mask yang digunakan.

Misalnya, jika Anda sudah menggunakan sheet mask pada pagi hari, maka jangan lupa untuk menggunakan pelembab dan tabir surya setelahnya. Jika sheet mask digunakan pada malam hari, selalu ingat untuk melanjutkannya dengan menggunakan night cream dan eye cream seperti biasa. Dengan tetap menggunakan produk-produk skincare tersebut, serum dari sheet mask akan terjaga dan terperangkap di dalam kulit sehingga bisa terus memberikan manfaat bagi kulit Anda.

Itulah 4 kesalahan menggunakan sheet mask yang sering terjadi. Jika Anda masih melakukan kesalahan-kesalahan di atas, pastikan untuk segera memperbaikinya ya!

Selanjutnya: Supaya Anak Merasa Dicintai, Terapkan 5 Hal Ini dalam Keseharian Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News