ads

4 Kesalahan Menggunakan Kulkas yang Sering Terjadi

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 05 Agustus 2022 | 19:00 WIB
4 Kesalahan Menggunakan Kulkas yang Sering Terjadi


MOMSMONEY.ID - Kulkas adalah salah satu alat elektronik rumah tangga yang sudah menjadi barang wajib di rumah. Kegunaannya beragam, mulai dari mengawetkan makanan hingga mendinginkan makanan tertentu.

Karena kulkas sangat umum ditemui dan digunakan, banyak orang yang mengira mereka tahu cara menggunakan kulkas. Padahal, masih ada orang yang melakukan kesalahan saat menggunakan kulkas sehingga rentan merusak dan memperpendek masa pakai kulkas tersebut.

Jadi, kira-kira apa saja kesalahan dalam menggunakan kulkas yang perlu dihindari? Dilansir dari Hunker dan Eating Well, berikut penjelasannya.

Baca Juga: 7 Tips Mengatur Freezer Agar Makanan Rapi dan Tak Ada Gumpalan Es

Mengisi kulkas terlalu penuh

Mungkin Anda ingin menyimpan sebanyak mungkin makanan di dalam kulkas sehingga semuanya dingin dan lebih awet. Namun, mengisi kulkas hingga terlalu penuh ternyata bisa berdampak buruk, lo.

Pasalnya, kulkas membutuhkan ruang supaya udara dingin di dalamnya bisa mengalir dengan lancar. Jika kulkas diisi terlalu penuh, udara tidak bisa mengalir sehingga makanan tidak bisa dingin dengan sempurna dan lebih cepat membusuk.

Solusinya, isilah kulkas secukupnya. Jika kulkas dirasa terlalu penuh, buang persediaan makanan yang sudah mulai kadaluarsa atau membusuk supaya kulkas lebih lega.

Tidak menutup pintu dengan sempurna

Pintu kulkas biasanya dilengkapi dengan bantalan karet dan magnet yang akan membuat pintu tertutup rapat, sehingga udara dingin di dalam kulkas akan terkunci dan tidak bisa keluar dengan mudah.

Seringkali, saat kulkas terisi penuh atau tidak ditutup dengan benar, bantalan karet dan magnet dalam pintu akan sulit untuk menutup dengan sempurna. Akibatnya, udara dingin bisa merembes keluar sehingga mengacaukan sistem pendinginan di dalam kulkas.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan Anda tidak mengisi kulkas terlalu penuh dan menutup pintunya dengan sempurna.

Baca Juga: Awas, Jangan Lupakan Area Ini Ketika Bersih-Bersih Rumah!

Jarang membersihkan kulkas

Karena digunakan untuk menyimpan aneka bahan makanan, kulkas kerap menjadi sarang empuk bagi bakteri, jamur, dan berbagai organisme merugikan lainnya.

Jika dibiarkan, kulkas bisa menjadi sumber kontaminasi silang dan sumber penyebaran penyakit. Alhasil, penghuni rumah bakal mudah sakit hanya karena mengonsumsi makanan dari kulkas.

Jadi, pastikan Anda membersihkan kulkas secara rutin. Hindari menggunakan produk pembersih dengan bahan kimia yang terlalu keras, supaya tidak menempel pada makanan dan membahayakan nyawa Anda.

Menyimpan makanan yang masih panas

Kulkas pada dasarnya didesain untuk mendinginkan makanan. Namun, bukan berarti Anda bisa langsung menyimpan makanan yang masih panas ke dalam kulkas.

Pasalnya, dengan memasukkan makanan yang masih panas, suhu di dalam kulkas akan naik drastis sehingga mempercepat pertumbuhan bakteri merugikan.

Selain itu, pendingin di dalam kulkas juga akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan panas, sehingga rentan rusak.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap terjadi saat menggunakan kulkas. Yuk, hindari mulai sekarang!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru
TERPOPULER