Keluarga

4 Kesalahan Memakai Body Scrub yang Bisa Merusak Kulit, Apa Saja?

4 Kesalahan Memakai Body Scrub yang Bisa Merusak Kulit, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Segera perbaiki, ini 4 kesalahan memakai body scrub yang bisa merusak kulit.

Body scrub atau lulur merupakan salah satu produk perawatan tubuh yang paling populer. Adapun fungsi utama dari penggunaan body scrub yaitu untuk mengeksfoliasi sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit tubuh.

Dengan pemakaian yang tepat dan teratur, body scrub akan membuat kulit menjadi jauh lebih halus dan tentunya cerah.

Namun, jika cara pemakaiannya salah, bukan tidak mungkin kulit akan mengalami berbagai permasalahan seperti iritasi hingga kekeringan.

Untuk mencegah masalah yang tidak diinginkan menyerang kulit Anda, hindarilah 4 kesalahan memakai body scrub yang bisa merusak kulit, dirangkum dari NSS G-Club, berikut ini, ya.

Baca Juga: Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Punya Kulit Berminyak yang Patut Anda Ketahui

1. Terlalu sering menggunakannya

Kesalahan memakai body scrub yang pertama yaitu terlalu sering menggunakannya. Anda tidak boleh sering-sering mengoleskan body scrub ke kulit karena bisa memicu iritasi.

Alih-alih kulit menjadi halus, terlalu sering menggunakan body scrub hanya akan menyebabkan kemerahan dan rasa tidak nyaman pada kulit.

Sebaiknya, pakailah body scrub 1-2 kali saja dalam seminggu. Bagi Anda yang memiliki kulit lebih halus, Anda boleh menggunakan body scrub 1-2 kali dalam sebulan.

2. Menerapkan body scrub pada area tubuh yang sensitif

Kesalahan memakai body scrub yang kedua yaitu menerapkan body scrub pada area tubuh yang sensitif.

Selain wajah, tubuh juga memiliki area tertentu yang harus dikecualikan dari penggunaan body scrub karena terlalu sensitif.

Area tubuh yang sebaiknya tidak Anda pakaikan body scrub meliputi bagian bawah ketiak dan bikini line (sekitar lipatan paha atau tepi celana dalam). Pasalnya, area ini cenderung mudah mengalami iritasi.

Baca Juga: 5 Rangkaian Skincare Skintific untuk Kulit Berjerawat, Pejuang Jerawat Patut Coba!

3. Menggunakan body scrub sebelum berjemur

Kesalahan memakai body scrub yang ketiga yaitu menggunakan body scrub sebelum berjemur.

Hindarilah untuk mengoleskan body scrub sebelum pergi berjemur. Karena, body scrub dapat menghilangkan lapisan permukaan kulit sehingga meningkatkan risiko sunburn (terbakar sinar matahari).

Apabila Anda ingin memakai body scrub, pastikan untuk melakukannya pada malam hari setelah seharian di pantai atau kolam renang.

4. Tidak mengoleskan pelembab setelah memakai body scrub

Kesalahan memakai body scrub yang terakhir yaitu tidak mengoleskan pelembab setelah memakai body scrub.

Setelah menggunakan body scrub, kulit rentan mengalami stres. Sehingga, sangat penting untuk segera melembabkannya kembali dengan produk pelembab seperti body lotion, body butter, atau body serum.

Jika Anda melewatkan penggunaan pelembab setelah memakai body scrub, siap-siap saja kulit Anda akan menjadi kering dan kekurangan nutrisi.

Demikian 4 kesalahan memakai body scrub yang bisa merusak kulit. Apabila Anda sering melakukan kesalahan-kesalahan di atas, segera perbaiki, ya, Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News