HOME, Keluarga

4 Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur yang Bikin Kamar Terasa Sumpek

4 Kesalahan Dekorasi Kamar Tidur yang Bikin Kamar Terasa Sumpek

MOMSMONEY.ID - Kamar tidur merupakan salah satu ruangan penting di rumah yang bersifat personal dan pribadi.

Di dalam kamar tidur, kita dapat beristirahat dan melepas lelah setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Jadi, wajar jika kamar tidur perlu didekorasi dengan baik sehingga nyaman ditempati.

Namun, kenyataannya, masih banyak orang yang melakukan beberapa kesalahan sepele saat mendekorasi kamar tidur. Akibatnya, kamar tidur terlihat kurang enak dipandang dan dapat mengganggu momen istirahat.

Kesalahan apa saja yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Mendekorasi Ruang Keluarga yang Perlu Dihindari

Menggunakan warna cat yang salah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamar tidur adalah tempat untuk beristirahat dan melepas lelah. Oleh karena itu, suasana di kamar tidur perlu didesain supaya menimbulkan rasa nyaman.

Mengutip Apartment Therapy, hindari penggunaan warna cat yang terlihat mencolok, misalnya warna merah atau hijau limau. Warna-warna tersebut bisa memberi kesan energik yang kurang cocok digunakan di kamar tidur.

Untuk menghadirkan kesan nyaman, gunakan warna-warna cat yang terlihat menenangkan, misalnya warna pastel. Atau, gunakan warna gelap yang sejuk seperti abu-abu atau navy blue.

Menggunakan tempat tidur yang terlalu besar

Tempat tidur yang besar memang terdengar nyaman. Namun, tidak semua kamar tidur bisa memuat tempat tidur berukuran besar, lo.

Jika Anda menggunakan tempat tidur yang terlalu besar, luas kamar tidur Anda akan berkurang drastis sehingga nyaris tidak ada ruang untuk berjalan atau menyimpan barang. Hal ini tentu akan membuat kurang nyaman.

Jadi, perhatikan baik-baik proporsi antara ukuran tempat tidur dan luas kamar tidur Anda. Pastikan ada sisa ruang yang cukup untuk bergerak di dalam kamar.

Baca Juga: 5 Tips Menata Tempat Tidur yang Nyaman, Serasa di Hotel!

Tidak mengatur pencahayaan di kamar

Walaupun sepele, nyatanya pencahayaan berperan penting dalam menghadirkan tampilan kamar tidur yang enak dipandang.

Dikutip dari My Domaine, salah satu kesalahan yang kerap dilakukan orang-orang saat menata kamar tidur adalah tidak mempertimbangkan aspek pencahayaan di dalam kamar.

Pencahayaan ini bisa berasal dari mana saja, misalnya lampu plafon, lampu meja, hingga cahaya alami dari jendela. Pastikan furnitur dan dekorasi kamar tidak menghalangi masuknya cahaya ke kamar dan tambahkan lampu tidur untuk menambah variasi sumber cahaya.

Baca Juga: Rekomendasi Warna untuk Ruang Keluarga ala Feng Shui, Apa Saja?

Membiarkan barang-barang berserakan

Kunci untuk menghadirkan kamar tidur yang nyaman adalah dengan menatanya agar rapi dan bersih. Sayangnya, aspek yang satu ini kerap diabaikan oleh orang-orang.

Melansir Insider, membiarkan barang-barang berantakan dan meletakkan terlalu banyak furnitur serta dekorasi dapat membuat kamar tidur terasa sumpek.

Solusinya, cukup gunakan furnitur dan dekorasi dalam jumlah secukupnya. Lalu, gunakan tempat penyimpanan seperti boks atau kontainer untuk menyimpan barang-barang yang tidak terpakai di kamar Anda.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat mendekorasi dan menata kamar tidur. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News