Keluarga

4 Kesalahan dalam Merawat Kulit Wajah yang Bisa Membuat Pori-Pori Semakin Besar

4 Kesalahan dalam Merawat Kulit Wajah yang Bisa Membuat Pori-Pori Semakin Besar

MOMSMONEY.ID - Hindari 4 kesalahan dalam merawat kulit wajah berikut ini jika tidak mau pori-pori semakin besar.

Pori-pori, sebagaimana dikutip dari Olay, adalah lubang pembukaan menuju folikel rambut yang di dalamnya terdapat kelenjar yang memproduksi minyak.

Pada dasarnya, keberadaan pori-pori sangat bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat dan lembab.

Namun, saat wajah dipenuhi minyak berlebih, sel-sel kulit mati, dan kotoran, itu dapat membuat pori-pori tersumbat dan membuatnya tampak lebih besar.

Adapun pori-pori yang membesar akan membuat wajah jauh dari kata mulus dan kurang oke saat dipoles makeup.

Berbicara tentang pori-pori besar, ternyata permasalahan ini juga dapat muncul akibat tata cara merawat kulit wajah yang tidak tepat atau berlebihan.

Dilansir dari TheHealthSite.com, inilah 4 kesalahan dalam merawat kulit wajah yang bisa membuat pori-pori semakin besar:

Baca Juga: 6 Varian Serum Skintific untuk Atasi Berbagai Permasalahan Kulit, Mana Pilihan Anda?

1. Cuci muka berlebihan

Idealnya, mencuci muka perlu dilakukan secara rutin setidaknya 2 kali sehari. Sebaliknya, mencuci muka lebih dari 2 kali sehari bisa menghilangkan minyak alami kulit yang dibutuhkan untuk menjaga wajah tetap lembab dan terhidrasi.

Lama-kelamaan, pori-pori akan membesar dan menghasilkan minyak lebih banyak guna menyeimbangkan kekeringan pada kulit jika Anda sering mencuci muka berlebihan.

2. Terlalu sering eksfoliasi

Eksfoliasi memang diperlukan untuk membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori. Tak sekadar itu, eksfoliasi juga bisa membantu menyegarkan kulit sekaligus membuat pori-pori tampak lebih kecil.

Kendati penting, selalu ingat untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 1-2 kali saja per minggu. Jika dilakukan terlalu sering, eksfoliasi hanya akan menyapu lapisan minyak alami kulit yang bisa membuat kulit kekeringan sekaligus membuka pori-pori menjadi lebih lebar.

Pada akhirnya, kondisi kulit dan pori-pori yang demikian akan lebih mudah menyerap debu lingkungan serta membuat pori-pori semakin membesar.

Baca Juga: Harus Tahu, Inilah 4 Manfaat Body Butter untuk Kulit

3. Sering pakai blotting paper

Kulit akan cenderung berminyak dan berkeringat terutama ketika cuaca panas. Untuk membantu menyerap minyak dan keringat yang membanjiri kulit secara instan, blotting paper bisa menjadi solusinya.

Meskipun begitu, terlalu sering menggunakan blotting paper juga bukan ide yang bagus. Pasalnya, kebiasaan memakai blotting paper justru akan memaksa kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Akibatnya, produksi minyak yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori sekaligus membuatnya menjadi lebih besar.

4. Memencet komedo dan jerawat

Saat kulit Anda berjerawat atau dipenuhi komedo hitam maupun putih, mungkin Anda tergoda untuk memencetnya.

Faktanya, tindakan memencet jerawat atau komedo yang belum siap untuk diekstraksi apalagi tanpa peralatan yang higienis berisiko menyebabkan infeksi.

Selain meninggalkan bekas luka, kebiasaan buruk ini juga bisa membuat pori-pori membesar akibat iritasi yang menyebar.

Nah, demikian 4 kesalahan dalam merawat kulit wajah yang bisa membuat pori-pori semakin besar.

Selain menghindari keempat kesalahan di atas, Anda juga tidak boleh melewatkan penggunaan moisturizer setelah mencuci muka untuk mencegah kulit memproduksi lebih banyak minyak yang berisiko menyumbat pori-pori dan menjadikannya terlihat semakin besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News