Bugar

4 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Kolesterol Tinggi di Usia Muda

4 Kebiasaan Ini Bisa Menjadi Penyebab Kolesterol Tinggi di Usia Muda

MOMSMONEY.ID - Saat ini, kolesterol tidak hanya diraskan oleh orang tua, melainkan banyak sekali seseorang di usai muda mengalaminya.

Merasa bahwa saat muda akan jauh dari penyakit membuat perasaan “aman” yang membuat Anda bisa makan, minum, dan melakukan apa saja demi menyenangkan hati.

Tapi, tahukah Anda bahwa terus-terusan melakukan itu, tubuh akan lelah dan balik melawan yang hasilnya akan muncul berbagai macam penyakit di usia muda. 

Faktanya, ada banyak hal yang bisa jadi penyebab kolesterol tinggi di usia muda. Mulai dari kebiasaan sehari-hari yang sebenarnya bisa dicegah hingga kondisi medis tertentu.

Baca Juga: Rasakan 5 Manfaat Rutin Olahraga Ini Jika Dilakukan Secara Rutin

Melansir British Heart Foundation, inilah beberapa penyebab kolesterol tinggi di usia muda yang umum terjadi namun kerap disepelekan, antara lain: 

Pola makan tidak sehat

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda salah satu penyebabnya adalah kebiasaan makan yang tidak sehat.

Kebiasaan makan dan jajan sembarangan dapat menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah. 

Berat badan berlebih (obesitas)

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda yang kedua adalah berat badan berlebih atau obesitas. Hal ini biasanya menjadi pertanda kelebihan kadar lemak di dalam tubuh.

Kelebihan berat badan juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung yang terjadi akibat kolesterol. Sebagai contoh, risiko penyakit jantung koroner, serangan jantung, hingga gagal jantung.

Mengonsumi gula dan alkohol berlebih

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda selanjutnya karena mengonsumsi gula dan alkohol berlebihan. 

Ketika Anda mengalami kolesterol, mungkin Anda hanya fokus untuk membatasi makanan berlemak. Namun, banyak juga yang tidak memperhatikan asupan gula dan alkohol.

Padahal, kalori berlebih yang Anda dapatkan bisa dari gula dan alkohol yang berubah menjadi kolesterol trigliserida yang dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah Anda.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Inilah Sederet Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Anda Ketahui 

Malas bergerak

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda terakhir adalah malas bergerak. Jika Anda malas bergerak bisa menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol di dalam darah meningkat.

Berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk tiduran sembari mengecek ponsel? Apalagi jika Anda pegawai kantoran yang menghabiskan waktu untuk duduk diam di depan komputer.

Kurang aktif bergerak dan malas berolahraga bisa menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol Anda meningkat.

Penyebab kolesterol tinggi di usia muda tak pelak karena kurangnya kesadaran untuk menjaga pola makan serta gaya hidup sehat.

Karena itu, setelah mengisi tubuh dengan asupan bergizi, jangan lupa untuk berolahraga minimal tiga kali seminggu selama 30 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News