Bugar

4 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari untuk Kulit Sensitif, Apa Saja?

4 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari untuk Kulit Sensitif, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Hati-hati dengan kandungan skincare, inilah beberapa kandungan skincare yang harus dihindari untuk kulit sensitif. 

Menentukan produk skincare untuk kulit sensitif tidak mudah, loh. Anda perlu memperhatikan secara detail kandungan skincare tersebut akan cocok dengan jenis kulit yang dimiliki atau tidak. Kulit sensitif rentan mengalami iritasi kulit, gatal-gatal, kulit terasa panas dan kemerahan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui kandungan skincare yang harus dihindari untuk pemilik kulit sensitif. Melansir dari blog.avoskinbeauty.com, Simak penjelasannya di bawah ini : 

1. Kandungan Parfum

Kandungan skincare yang harus dihindari pertama adalah parfum. Parfum di dalam produk skincare berfungsi untuk menutupi aroma yang kurang sedap dari bahan lainnya dalam produk.

Pada kulit sensitif, sebaiknya menghindari kandungan parfum ini karena bisa memicu kulit wajah jadi iritasi dan mudah merah.

Sebaiknya, gunakan skincare yang bebas dari parfum. Ada banyak produk skincare yang tidak beraroma dan fokus untuk menenangkan dan melembapkan kulit sehingga kulit sensitif Anda tetap sehat tanpa menimbulkan masalah lainnya.

2. Kandungan Alkohol

Kandungan skincare yang harus dihindari selanjutnya adalah alkohol. Bagi kulit sensitif, alkohol harus Anda hindari karena alkohol bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi, yang dapat menyebabkan skin barrier wajah Anda bisa rusak.

Anda bisa menggunakan skincare dengan kandungan yang menghidrasi dan menjaga skin barrier seperti Ceramide, Centella Asiatica, Niacinamide, Hyaluronic Acid, Green Tea Extract, Chamomile, Azulene, dan Oat. Kandungan tersebut lebih efektif dan ringan untuk kulit sensitif.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah dengan Benar

3. Kandungan Essential Oil

Berikutnya, kandungan essential oil juga sebaiknya Anda hindari. Ada banyak produk skincare yang mengandung essential oil seperti lavender, rosemarry, tea tree, rose, geranium, dan yang lainnya.

Bahkan essential oil yang murni juga sering digunakan oleh kulit tanpa campuran apapun seperti lavender, frankincense, atau menggunakan tea tree oil untuk jerawat.

Namun, penggunaan essential oil ini tidak boleh terlalu banyak. Produk ini aman jika digunakan dalam dosis yang sedikit. Kalau terlalu banyak bisa menyebabkan kulit kering dan iritasi. 

4. Chemical Sunscreen

Kandungan skincare yang harus dihindari untuk kulit sensitif adalah chemical sunscreen. Sebab, kandungan kimia dalam chemical sunscreen lebih banyak dan merupakan bahan aktif sehingga mudah untuk membuat wajah jadi iritasi. Sebaiknya, kulit sensitif menggunakan mineral sunscreen atau physical sunscreen.

Jika Anda memiliki kulit rentan terhadap jerawat dan masalah kulit lainnya wajib menghindari chemical sunscreen.

Sunscreen dengan bahan mineral ini biasanya menghadirkan white cast di wajah. Namun, kandungan di dalamnya lebih sensitive skin friendly dan bisa dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

Nah, itulah empat kandungan skincare yang harus dihindari oleh pemilik kulit sensitif. Sebaiknya Anda perlu memperhatikan komposisi yang terkandung di dalam produk skincare saat akan membeli. Jangan sampai lupa, ya! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News