Bugar

4 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Kering, Apa Saja?

4 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Kering, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Penting untuk memilih kandungan skincare yang tepat. Inilah beberapa kandungan skincare yang cocok untuk kulit kering. 

Masalah kulit kering yang sering terjadi adalah kehilangan kelembapan alaminya terlalu cepat sehingga mengalami dehidrasi.

Beberapa hal yang meningkatkan risiko kulit kering, seperti faktor usia, riwayat kesehatan, perubahan musim dan iklim, dan kebiasaan mandi. 

Anda masih bisa merawat kulit kering dengan menggunakan produk-produk skincare yang benar. Tapi, jangan asal pilih kandungan skincare, ya.

Baca Juga: Wajib Sadari, Inilah 5 Masalah Kulit yang Dialami Usia 40 Tahun ke Atas

Melansir dari jovee.id, berikut empat kandungan skincare yang cocok untuk kulit kering, yaitu: 

1. Hyaluronic acid

Kandungan skincare pertama untuk kulit kering adalah hyaluronic acid atau asam hialuronat. Kandungan ini termasuk sejenis asam yang memiliki kemampuan untuk menahan 1.000 kali beratnya dalam air.

Hyaluronic acid banyak digunakan sebagai bahan pelembap karena alasan itu. Hyaluronic acid juga dapat membantu memperbaiki kulit yang kasar, meningkatkan elastisitas kulit, dan membantu mencegah kerutan pada wajah.

2. Gliserin

Kandungan skincare untuk kulit kering selanjutnya adalah gliserin. Kandungan ini salah satu bahan pelembap yang sudah sejak dulu digunakan.

Glieserin dikenal karena kemampuannya dalam membantu meningkatkan hidrasi kulit serta memberikan efek perbaikan pada skin barrier kulit. Gliserin memiliki sifat humektan yang kuat, artinya dapat menarik dan mengikat air.

Baca Juga: 5 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan yang Perlu Anda Tahu

3. Ceramide

Berikutnya, ceramide juga termasuk kandungan skincare yang cocok untuk kulit kering. Kandungan ini sering digunakan pada produk skincare Korea maupun skincare lokal. Ceramide adalah bahan serupa lemak yang berfungsi untuk melindungi kulit.

Secara alami ceramide ditemukan di kulit manusia. Tetapi, dapat diciptakan secara sintetis sebagai formula produk perawatan kulit untuk membantu memberikan kelembapan pada kulit.

4. Squalane

Kandungan skincare untuk kulit kering lainnya adalah squalane. Squalene diproduksi secara alami oleh tubuh dan dapat ditemukan pada sebum manusia.

Namun, seiring bertambahnya usia, produksi squalene alami pada manusia melambat. Hal ini dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih kering.

Squalane adalah bentuk squalene yang yang telah mengalami hidrogenasi. Squalane bisa diperoleh dari sumber tumbuhan dan hewan, misalnya buah zaitun.

Kandungan ini cocok untuk kulit kering dan sensitif, serta sifatnya non-komedogenik.

Nah, itulah beberapa kandungan skincare yang cocok untuk kulit kering. Pilihlah produk skincare yang mengandung bahan-bahan di atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News