Bugar

4 Kandungan Skincare yang Ampuh Menenangkan Kulit dan Cegah Penuaan

4 Kandungan Skincare yang Ampuh Menenangkan Kulit dan Cegah Penuaan

MOMSMONEY.ID - Anda perlu tahu empat kandungan skincare yang ampuh untuk menenangkan kulit dan cegah penuaan. Seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak kandungan skincare yang bisa dipilih sesuai dengan jenis kulit. 

Kulit yang mengalami iritasi bisa dihilangkan dengan kandungan skincare yang punya fungsi untuk menenangkan kulit. Kemudian, cara memperlambat penuaan dini dengan menggunakan skincare anti aging.

Supaya bisa menentukan kandungan skincare yang tepat, berikut empat kandungan skincare yang ampuh untuk menenangkan kulit dan cegah penuaan dilansir dari blog.marthatilaarshop.com

1. Centella asiatica

Kandungan skincare pertama untuk menenangkan kulit dan cegah penuaan adalah centella asiatica. Kandungan skincare ini memiliki kemampuan menenangkan kulit, mengurangi jerawat, bahkan mengatasi bekas luka dan memperbaiki skin barrier.

Selain itu, centella asiatica juga sering digunakan sebagai kandungan skincare anti aging karena membantu mengatur sintesis kolagen dan mengurangi garis-garis halus. Pilihlah produk skincare yang mengandung centella asiatica. 

2. Mugwort

Kandungan skincare selanjutnya adalah mugwort. Anda bisa menemukan kandungan mugwort pada produk masker maupun toner. Mugwort sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit berjerawat maupun mudah iritasi. 

Saking menenangkannya, mugwort bahkan dapat meredakan masalah kulit seperti psoriasis ataupun eczema. Hal ini karena mugwort mengandung vitamin E yang dapat menjaga kelembapan kulit.

Selain tinggi akan kandungan vitamin E, mugwort juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah dampak buruk dari radikal bebas dan munculnya garis halus pada kulit.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Menstruasi

3. Ceramide

Berikutnya, ceramide juga termasuk kandungan skincare yang ampuh menenangkan kulit dan cegah penuaan. Ceramide adalah lemak alami berkonsentrasi tinggi yang ada pada lapisan kulit. Lapisan inilah yang bekerja untuk melindungi kulit dari faktor lingkungan, seperti polusi dan matahari.

Ketika lapisan ini rusak, kulit dapat mengalami kemerahan, peradangan, iritasi, kering, gatal, bahkan muncul jerawat. Skincare dengan kandungan ceramide membantu memperkuat skin barrier dengan meningkatkan sel-sel kulit secara efektif.

Selain bekerja untuk mengisi dan mengunci kelembapan kulit agar skin barrier lebih kuat, ceramide juga dikenal dengan manfaatnya anti aging karena dapat menyamarkan garis halus.

4. Retinol

Kandungan skincare lainnya yang bisa menenangkan kulit dan cegah penuaan adalah retinol. Retinol adalah turunan dari vitamin A yang diperkaya dengan antioksidan untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas, mengurangi jerawat, juga mengurangi garis halus.

Selain itu, retinol juga berfungsi meningkatkan produksi kolagen dan mendorong pembaruan sel pada kulit. Ini akan membuat kulit terasa lebih kenyal dan tampak awet muda. Dengan segudang manfaat yang dimiliki, retinol juga dikenal dengan tingkat mengiritasi yang cukup tinggi.

Sehingga, ahli kecantikan menyarankan agar menggunakan retinol secara perlahan dan tidak digunakan setiap hari. Penggunaannya pun disarankan saat malam hari, sebab retinol membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News