HOME, Keluarga

4 Kandungan Produk Face Wash yang Tidak Cocok untuk Kulit Kering

4 Kandungan Produk Face Wash yang Tidak Cocok untuk Kulit Kering

MOMSMONEY.ID - Sebagai basic perawatan kulit wajah atawa skincare, penggunaan face wash sebanyak dua kali sehari tidak boleh dilewatkan. Hal ini berguna untuk membersihkan wajah secara maksimal dari penumpukan sisa makeup, residu skincare, minyak, kotoran, hingga debu yang dapat memicu pori-pori tersumbat dan jerawat jika tidak disingkirkan.

Selain tata cara penggunaan face wash yang harus diperhatikan, pemilihan produk juga tidak boleh sembarangan. Pasalnya, produk face wash yang tidak tepat berisiko menyebabkan berbagai permasalahan kulit, alih-alih kulit menjadi bersih dan sehat.

Bagi pemilik kulit kering, ada beberapa kandungan dalam face wash yang sebaiknya dipilih, yaitu hyaluronic acid, glycerin, niacinamide, ceramide, dan aloe vera. Bahan-bahan ini bagus untuk kulit kering karena bersifat melembabkan dan menenangkan.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Inilah 5 Kandungan Face Wash yang Disarankan untuk Kulit Kering

Di sisi lain, ada juga kandungan dalam face wash yang harus dihindari oleh para pemilik kulit kering, karena dapat memperparah kekeringan dan menyebabkan iritasi. Dilansir dari BeBeautiful, berikut ini beberapa kandungan dalam produk face wash yang tidak cocok untuk kulit kering:

1. Salicylic acid

Walaupun salicylic acid menjadi salah satu bahan skincare yang populer dalam perawatan kulit berminyak, namun bahan ini sudah sepatutnya dihindari oleh para pemilik kulit kering. Alih-alih bermanfaat, face wash yang mengandung salicylic acid justru menyimpan bahaya jika digunakan pada kulit kering.

Produk face wash dengan kandungan salicylic acid dapat memberikan efek mengeringkan bagi kulit kering, karena bahan ini akan mendorong proses eksfoliasi, peeling, dan pergantian sel.

Jika Anda terus menggunakan face wash yang mengandung salicylic acid padahal kulit Anda bertipe kering, maka wajah Anda akan menjadi lebih kering dari biasanya, bahkan terkelupas.

2.  Fragrance

Fragrance atau wewangian adalah larangan besar bagi para pemilik kulit kering terutama jika kulit Anda cenderung sensitif.

Meskipun persentase wewangian dalam suatu produk face wash tergolong sangat kecil, namun bahan ini tetap dapat memperburuk kondisi kulit kering yang sensitif. Hal ini dikarenakan wewangian mampu menyebabkan iritasi dan pengelupasan pada kulit.

Alhasil, kekeringan pada kulit akan menjadi lebih buruk jika Anda tetap nekat menggunakan face wash yang mengandung fragrance.

3. Alkohol

Alkohol diklaim dapat benar-benar menyedot semua air dari dalam kulit. Sering dimanfaatkan sebagai bahan pengawet atau pengental dalam produk skincare, alkohol dapat membuat kulit menjadi dehidrasi sehingga akan berdampak negatif pada fungsi skin barrier.

Akibatnya, kulit akan rentan mengalami iritasi, kemerahan, sensitif, dan bahkan eksim.

Jika kulit Anda bertipe kering, alangkah baiknya bagi Anda untuk meninggalkan produk face wash yang terdapat alkohol di dalamnya. Sebagai gantinya, gunakanlah face wash khusus kulit sensitif karena jenis ini tergolong bebas alkohol.

4. Paraben

Kandungan lain pada produk face wash yang harus dihindari  para pemilik kulit kering adalah paraben. Kandungan paraben marak dijumpai dalam berbagai produk kecantikan tidak terkecuali face wash. 

Paraben patut dihindari oleh pemilik jenis kulit apapun termasuk kulit kering. Saat digunakan pemilik kulit kering, paraben akan meningkatkan kerusakan tingkat sel yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Tidak sampai di situ, paraben juga dapat membuat kulit menjadi terlalu sensitif dan bahkan dapat menyebabkan dermatitis kontak. Dermatitis kontak  merupakan jenis peradangan kulit serius yang ditandai dengan ruam, lecet, dan kulit terbakar.

Daripada harus mengorbankan kesehatan dan kecantikan kulit Anda, sebaiknya sebagai pemilik kulit kering hindari menggunakan face wash yang mengadung paraben. Sebisa mungkin, carilah produk face wash yang sudah memiliki label bebas paraben pada kemasannya guna menjaga kulit kering Anda tetap aman dan nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News