Santai

4 Jenis Vitamin Ini Bisa Bantu Kurangi Anxiety dan Stres Berlebih, Coba Yuk

4 Jenis Vitamin Ini Bisa Bantu Kurangi Anxiety dan Stres Berlebih, Coba Yuk

MOMSMONEY.ID - Beberapa jenis vitamin ini bisa membantu untuk mengurangi stres dan juga kecemasan berlebih atau anxiety.

Anxiety atau gangguan kecemasan bisa muncul karena stres berlebih. Gangguan ini bisa muncul dengan rasa cemas, panik, atau pun ketakutan akan suatu hal.

Selain berolah raga dan berlatih meditasi, ternyata anxiety juga dapat diredakan dengan mengonsumsi beberapa vitamin.

Tentu saja vitamin dengan banyak kandungan mineral dan antioksidan yang membantu mengurangi tingkat kecemasan dan stres. Berikut adalah beberapa kandungan vitamin yang bisa membantu meredakan stres dan juga anxiety.

Baca Juga: Cari Tahu 5 Manfaat Konsumsi Susu Hangat, Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Vitamin C

Vitamin C bukan hanya berguna saja untuk meningkatkan imun, namun vitamin C juga berperan dalam membantu menurunkan kadar stres pada otak. Vitamin C memiliki banyak kandungan anti oksidan yang berguna untuk menyeimbangkan sistem yang menimbulkan perasaan cemas atau gugup.

Vitamin C juga mampu untuk meningkatkan mood dan mengurangi anxiety. Selain itu, rutin mengonsumsi vitamin C juga bisa membantu tubuh untuk mengatur kadar kortisol dalam tubuh.

Vitamin B

Vitamin B kompleks memiliki manfaat untuk membantu meredakan anxiety dan memperbaiki mood. Melansir dari halaman Your Heights, vitamin B12 berperan penting sebagai vitamin utama yang mengatur mood.

Vitamin B12 ini biasa ditemukan pada sumber makanan hewani. Di mana pastinya vegan atau vegetarian disarankan untuk mengonsumsi suplemen yang banyak mengandung vitamin B12.

Baca Juga: Ada Tandanya, Ini 4 Ciri Terlalu Sering Berhubungan Seks Dengan Pasangan

Zinc

Zinc ternyata juga memiliki peran untuk mengatur mood. Zinc membantu untuk mengurangi gejala depresi dan mood yang rendah. Selain itu, zinc juga memiliki kontribusi untuk membantu kerja fungsi otak dalam memproduksi serotonin.

Fungsi serotonin sendiri sebagai hormon yang menstabilkan mood, perasaan bahagia, dan perasaan tenang.

Vitamin D

Melansir dari halaman Medical News Today, vitamin D juga berperan dalam mengatur mood. Beberapa riset yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa adanya hubungan antara vitamin D dan depresi.

Dengan rutin mengonsumsi vitamin D melalui suplemen dan sumber makanan alami membuat tingkat depresi bisa ditekan. Karena jika vitamin D pada tubuh mengalami kekurangan, gejala depresi dan kecemasan akan mudah muncul.

Nah, itulah tadi beberapa jenis vitamin yang bisa membantu untuk mengurangi kadar stres dan juga kecemasan atau anxiety.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News