Keluarga

4 Jenis Minuman Penangkal Rasa Pedas yang Super Efektif

4 Jenis Minuman Penangkal Rasa Pedas yang Super Efektif

MOMSMONEY.ID - Suka mengonsumsi makanan pedas tapi tak kuat menahan sensari rasa terbakar pada mulut dan perut? Tenang, Anda bisa meredakan rasa pedas tersebut dengan beberapa jenis minuman tertentu.

Tak semua minuman dapat secara efektif menetralisir rasa pedas. Terkadang, rasa pedas dalam mulut masih dirasakan bahkan setelah minum banyak air mineral.

Agar perut Anda tak kembung karena terlalu banyak minum air putih, ada baiknya meminum beberapa minuman yang memang efektif dapat meredakan rasa pedas di mulut dan perut secara cepat. Minuman apa sajakah itu? Melansir dari Finna Food dan Food NDTV, mari simak artikel ini selengkapnya!

Baca Juga: 5 Perbedaan Istilah Yakiniku dan Teriyaki Pada Makanan Jepang

Susu

Susu merupakan opsi pertama yang efektif dipilih untuk redakan rasa pedas di mulut. Seteguk susu dingin dapat menenangkan sensasi terbakar akibat rasa pedas pada mulut.

Hal ini disebabkan susu mengandung protein yang disebut kasein yang mampu memecah capcaisin –zat kimia dalam cabai yang menimbulkan sensasi pedas pada mulut- dan memberikan rasa lega.

Tidak seperti air yang terdiri dari molekul polar, kasein bersifat non-polar persis seperti capcaisin. Ini menciptakan sifat tolak-menolak yang dapat mengikat capcaisin mencapai reseptor mulut.

Baca Juga: Cepat Mengantuk Setelah Makan? Tenyata Ini Penyebabnya

Yogurt

Yogurt tawar

Sama seperti susu, yogurt juga memiliki protein kasein yang dapat mengikat rasa pedas untuk pergi dari mulut.

Sesendok yogurt dingin efektif dapat meredakan rasa pedas di mulut.

Baca Juga: 8 Panduan Istilah Umum Makanan Korea yang Harus Anda Ketahui

Air kelapa

Air kelapa

Air kelapa merupakan air yang disebut sebagai air 1000 manfaat. Selain dapat menetralkan racun dalam tubuh, air kelapa juga dapat meredakan rasa terbakar pada mulut setelah mengonsumsi makanan pedas.

Air kelapa mengandung gula alami yang dapat mengikat capcaisin pada cabai sehingga rasa pedas pada lidah dan perut akan berkurang.

Baca Juga: 6 Cara Memperbaiki Rasa Masakan yang Terlalu Pedas, Biar Bisa Disantap Oleh Anak!

Jus jeruk

Segelas jus jeruk dingin pun dapat efektid redakan rasa terbakar di mulut akibat mengonsumsi makanan pedas.

Jus jeruk mengandung asam yang juga nyatanya dapat menetralkan rasa pedas yang dihasilkan dari zat kimia capcaisin ini.

Selain jus jeruk, Anda juga dapat menetralkan rasa pedas di mulut dengan mengonsumsi buah tomat, jus lemon, ataupun buah nanas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News