Santai

4 Jenis Kain Tradisional Indonesia Ini Cocok Dipakai Buat Perayaan Kemerdekaan

4 Jenis Kain Tradisional Indonesia Ini Cocok Dipakai Buat Perayaan Kemerdekaan

MOMSMONEY.ID - Memiliki banyak kebudayaan yang beragam, Indonesia pun juga memiliki banyak warisan yang wajib untuk dilestarikan. Warisan dalam bentuk baju adat ataupun kain tradisional merupakan warisan yang harus benar-benar dijaga.

Selain menggunakan baju merah putih saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, menggunakan baju adat atau kain tradisional atau busana berkain juga dapat dijadikan alternatif untuk melestarikan budaya warisan Indonesia.

Nah, berikut ini ada beberapa jenis kain asal Indonesia yang dapat digunakan juga untuk busana berkain saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia nanti yang telah dirangkum oleh Momsmoney.

Baca Juga: Anti Mainstream, Ini 4 Ide Lomba 17-an dari Variety Show Korea!

Batik

Tak perlu diragukan lagi, batik merupakan warisan budaya Indonesia yang telah ditetapkan oleh UNESCO. Hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki batik dengan motif yang menjadi ciri khas daerah itu sendiri.

Secara teknik, batik dibuat dengan 3 macam teknik yaitu batik tulis, batik cap, dan batik lukis. Ketiga jenis batik tersebut sudah banyak ditemui di Indonesia. Menggunakan batik bersama dengan kebaya atau pakaian casual dapat Anda jadikan pilihan berbusana saat peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia nanti.

Ulos

Kain yang hampir sama proses pembuatannya dengan kain songket ini menjadi populer ketika digunakan kembali sebagai padu padan kebaya atau aksesoris. Kain Ulos berasal dari Batak, Sumatra Utara dan telah dikembangkan secara turun temurun oleh masyarakatnya.

Dalam sejarahnya, Kain Ulos diberikan kepada ibu-ibu yang sedang mengandung untuk mempermudah proses persalinan dan melindungi dari segala mara bahaya saat mengandung atau melahirkan.

Baca Juga: Promo Pizza Hut Edisi Kemerdekaan, Ada 3 Menu Terbaru Bertema Merah Putih

Tenun Ikat

Kain tenun ikat ini banyak ditemukan pada daerah seperti Toraja, Bali, Lombok, dan Flores. Perbedaan kain tenun dan songket dapat dilihat dari motifnya. Motif kain songket hanya terlihat pada satu sisi sedangkan pada kain ikat, motif akan terlihat pada dua sisi.

Pembuatan kain tenun ikat ini masih menggunakan alat manual dan bukan mesin. Helai-helai benang akan diikat dengan tali plastik sesuai dengan corak atau pola yang diinginkan, maka ketika dicelup kedalam pewarna, bagian tali yang diikat tidak akan terwarnai.

Songket

Adalah kain tradisional yang berasal dari Sumatra. Songket ditenun dengan tangan menggunakan benang emas dan perak. Bahan kain seperti sutra, katun, dan katu sutra adalah bahan kain yang sering digunakan dalam pembuatan songket.

Dahulu kain ini hanya boleh digunakan oleh para bangsawan untuk menunjukkan martabatnya. Namun kini songket dapat digunakan oleh siapa pun. Tak hanya busana, kain songket juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan tas wanita, penghias ruangan, hingga aksesoris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News