HOME, Keluarga

4 Ide Tatanan Taman Minimalis, Rumah Makin Cantik dan Asri!

4 Ide Tatanan Taman Minimalis, Rumah Makin Cantik dan Asri!

MOMSMONEY.ID - Bagian eksterior atau luar rumah merupakan faktor penting yang dapat melengkapi tampilan suatu rumah.

Misalnya, jika Anda tinggal di rumah yang menggunakan konsep minimalis, maka masuk akal jika taman rumah juga didesain dengan konsep serupa.

Namun, mungkin Anda pernah bingung harus memulai dari mana ketika akan mendesain taman minimalis. Atau, saking banyaknya contoh desain taman minimalis, mungkin Anda merasa kewalahan saat memilih desain yang cocok untuk diterapkan.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Taman Rumah yang Mewah, Mudah Dilakukan!

Nah, untuk mendesain dan mendekorasi taman minimalis, sebenarnya Anda tidak perlu menjiplak semua inspirasi dan ide yang ada. Cukup ambil beberapa ide yang menurut Anda cocok untuk diaplikasikan di taman minimalis milik Anda.

Kali ini, ada beberapa desain taman minimalis yang cukup menarik. Siapa tahu, ada hal-hal tertentu yang dapat menginspirasi Anda nantinya. Yuk, simak!

Jalan setapak yang simpel

Karena taman minimalis mengusung prinsip minimalisme, maka aspek kesederhanaan dan fungsionalitas tetap harus diterapkan. Gunakan dekorasi atau desain yang simpel, namun tetap memiliki fungsi di dalam taman.

Contohnya seperti gambar di atas yang dapat Anda terapkan di lahan berukuran besar. Layout taman minimalis tersebut cukup sederhana, dengan paving yang digunakan sebagai jalan setapak simpel di tengah-tengah taman. Tambahkan barisan tanaman semak-semak kecil di kedua sisinya sebagai pemanis.

Kontras warna di taman

Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, coba gunakan kombinasi paving dan rumput di taman minimalis Anda untuk menciptakan kesan warna yang kontras namun tetap menarik seperti gambar di atas.

Selain kontras warna dari rumput dan paving, Anda juga dapat menggunakan tanaman hias yang memiliki beragam warna untuk ditanam di taman minimalis Anda. Atau, Anda dapat menggunakan tanaman hias dengan bentuk ramping yang mudah dirawat seperti lidah mertua dan lidah buaya.

Baca Juga: Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membuat Rooftop Garden di Rumah, Penting!

Bunga untuk mempercantik taman

Saat Anda melihat-lihat desain taman minimalis, mungkin Anda memperhatikan bahwa tanaman berbunga jarang digunakan. Padahal, sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan tanaman berbunga di taman minimalis.

Kuncinya, gunakan tanaman berbunga yang bentuknya simpel dan pilihlah bunga-bunga dengan warna yang senada jika Anda berencana untuk menanam beberapa jenis bunga di taman. Seperti gambar di atas, yang menggunakan beberapa jenis bunga dengan bentuk simpel dan warna senada sebagai pemanis taman minimalisnya.

Memanfaatkan pojok taman

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by 2F Landscape (@2flandscape)

Terakhir, untuk Anda yang menginginkan kesan lebih luwes dan tidak kaku, coba sulap pojok taman Anda menjadi pojok tanaman di taman minimalis Anda.

Untuk pembatas antara bagian tengah dan pojok, Anda bisa menggunakan bentuk berkelok seperti di gambar supaya terkesan lebih natural. Gunakan dua material yang berbeda seperti batu dan rumput untuk memberi batas yang jelas antara kedua area tersebut.

Nah, itulah beberapa contoh desain taman minimalis yang dapat Anda jadikan inspirasi. Bagaimana, desain taman minimalis di atas cukup menarik, bukan? Adakah sesuatu yang dapat Anda tiru di taman Anda sendiri?

Selamat mendesain taman impian Anda, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News