HOME, Keluarga

4 Ide Menata Tempat Tidur Tingkat Loft Bed, Kamar Makin Nyaman dan Asyik

4 Ide Menata Tempat Tidur Tingkat Loft Bed, Kamar Makin Nyaman dan Asyik

MOMSMONEY.ID - Loft bed adalah salah satu jenis tempat tidur tingkat, tapi penampilannya berbeda dengan tempat tidur yang biasa Anda lihat.

Dilansir dari matrixkids.com, loft bed adalah jenis tempat tidur tingkat berupa satu single bed yang ditinggikan sehingga tersedia cukup ruang di bagian bawah atau “kolong” tempat tidur. Jadi, berbeda dengan bunk bed atau tempat tidur tingkat biasa yang terdiri dari dua tempat tidur, loft bed hanya memiliki satu tempat tidur di bagian atas.

Loft bed cocok bagi Anda atau anak Anda yang menyukai model tempat tidur tingkat, namun tidak memerlukan dua tempat tidur. Bagian bawah loft bed yang kosong pun bisa ditata sesuai kebutuhan, misalnya untuk area belajar atau penyimpanan barang.

Berikut ini ada beberapa contoh penataan loft bed yang bisa Anda tiru. Variasi penataannya cukup beragam, mulai dari area belajar, bermain, hingga bersantai.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Tempat Tidur Tingkat, Wajib Tahu Sebelum Beli

Benteng-bentengan yang seru

Mengubah bagian bawah loft bed yang kosong menjadi blanket fort alias benteng-bentengan bisa menjadi sesuatu yang menarik bagi anak-anak yang masih suka bermain dan bereksplorasi dengan lingkungan sekitarnya.

Tak perlu membeli loft bed dengan desain khusus seperti gambar di atas, namun Anda bisa membuat sendiri benteng-bentengan di bawah loft bed. Caranya, pasang kain lebar (bisa selimut atau yang lainnya) pada sekeliling bagian bawah loft bed. Tambahkan karpet dan bantal empuk di lantai supaya berfungsi sebagai tempat istirahat yang nyaman.

Area belajar yang nyaman

Salah satu pemanfaatan bagian bawah loft bed yang paling populer adalah dengan mengubahnya menjadi area belajar seperti pada gambar di atas. Penataan loft bed yang satu ini cocok untuk anak dengan beragam rentang usia, khususnya mereka yang masih sekolah atau kuliah.

Mudah saja, Anda hanya tinggal menambahkan satu set meja belajar di bagian bawah loft bed. Supaya keseluruhan penampilannya serasi, pilihlah desain meja dan kursi yang senada dengan loft bed di atasnya. Anda dapat memilih desain meja minimalis yang terlihat simpel dan timeless, sehingga bisa digunakan hingga bertahun-tahun.

Baca Juga: Ide Penggunaan Karpet Bercorak untuk Lantai Rumah Ini, Bisa Ditiru

Santai di kamar

Selain dimanfaatkan sebagai area belajar, bagian bawah loft bed juga bisa Anda manfaatkan sebagai area bersantai bagi penghuni kamar.

Anda dapat menambahkan satu set sofa lengkap dengan meja kecil dan karpet pada bagian bawah loft bed seperti pada gambar di atas. Atau, Anda bisa menggunakan bantal-bantal duduk yang nyaman jika ingin sekadar lesehan atau tidur santai di atas karpet. Pilihlah desain sofa, meja, dan karpet yang serasi dengan loft bed di atasnya.

Belajar dan bermain

Jika tersedia cukup ruang di bawah loft bed, gabungkan saja area belajar dan bermain anak untuk memaksimalkan ruang di kamar. Misalnya pada gambar tempat tidur loft bed di atas yang memanfaatkan ruang kosong pada bagian bawahnya untuk area belajar dan bermain anak.

Pemiliknya menambahkan meja belajar minimalis dengan panjang yang sesuai dengan sisi lebar tempat tidur, kemudian menambahkan kursi, karpet, dan bantal duduk dengan warna dan desain yang serasi. Jika Anda ingin meniru tatanan loft bed di atas, jangan lupa untuk memilih furnitur yang nyaman dan sesuai dengan anak.

Itulah beberapa contoh tatanan loft bed yang dapat Anda jadikan inspirasi. Bagaimana, adakah penataan loft bed yang membuat Anda tertarik?

Selanjutnya: 3 Inspirasi Dekorasi Ruang Makan ala Bohemian, Seru dan Penuh Warna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News