HOME, Keluarga

4 Ide Kegiatan Murah Meriah untuk Meningkatkan Suasana Hati Anak

4 Ide Kegiatan Murah Meriah untuk Meningkatkan Suasana Hati Anak

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda merasa kebingungan untuk menghibur anak-anak Anda yang sedang bosan? Mall, taman bermain, atau akuarium raksasa mungkin bisa menjadi solusi yang mudah. Namun, biaya yang harus Anda keluarkan tentu tidak sedikit terlebih jika Anda sedang berhemat.

Sebenarnya, menghibur anak-anak Anda yang sedang bosan tidak semahal dan sesulit dengan apa yang ada di dalam bayangan Anda lho. Karena, hal tersebut dapat Anda wujudkan melalui berbagai kegiatan sederhana, murah, dan tentunya dapat dilakukan di rumah.

Sebagai inspirasi, inilah 4 ide kegiatan yang dapat Anda jadikan sebagai cara murah untuk menghibur anak-anak Anda yang sedang dirundung rasa bosan. Yuk, simak!

Baca Juga: Ini 4 Alasan Kenapa Kucing Selalu Menatap Anda dalam Diamnya

1. Bermain air

Kebanyakan anak-anak suka bermain air. Tak perlu jauh-jauh ke waterboom park, Anda dapat mengajak anak Anda untuk bermain air di lingkungan rumah. Baik di dalam maupun di luar rumah, agenda bermain Anda bersama anak akan tetap terasa menyenangkan selagi Anda tidak ragu untuk mengerahkan segala kreativitas yang dimiliki.

Apabila Anda memutuskan untuk bermain air di dalam rumah, Anda dapat mengajak si kecil untuk membantu menguras bak mandi, bermain perahu mini, atau pura-pura mencuci mobil mainan. Selagi cuaca cerah, Anda tidak boleh menyia-nyiakannya dan ajaklah anak Anda untuk bermain air di luar rumah. Anda dapat bermain tembak-tembakan dengan pistol air, bermain hujan-hujanan menggunakan selang air sembari menyiram tanaman atau mencuci mobil, serta lempar-lemparan balon berisi air.

2. Berkunjung ke perpustakaan

Apabila koleksi buku di rumah sudah Anda baca semua, maka itulah saatnya bagi Anda untuk berkunjung ke perpustakaan terdekat. Jangan lupa untuk membawa serta anak-anak Anda ke sana.

Bukan hanya mendorong kebiasaan baik dengan cara meningkatkan minat baca mereka, membawa anak ke perpustakaan juga akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengeksplorasi dunia baru.

Pastikan Anda mengarahkan mereka untuk menuju ke bagian buku anak-anak dan rekomendasikan beberapa judul buku yang sekiranya pas dengan usia anak Anda.

Untuk anak-anak yang masih kecil, Anda dapat memilihkan buku yang dilengkapi dengan ilustrasi lucu. Pada anak yang lebih besar, buku-buku berbau seni, fiksi, atau pengetahuan cocok untuk mereka baca.

3. Jalan-jalan di alam

Ketika anak Anda menunjukkan tanda-tanda bosan karena terus berdiam di dalam rumah, agendakanlah untuk mengajak mereka jalan-jalan di alam.

Melalui kegiatan ini, niscaya pikiran dan tubuh anak Anda yang lelah akibat bosan dapat segar kembali tanpa perlu mengeluarkan biaya yang menguras dompet.

Tak usah jauh-jauh, Anda dapat mengajak anak untuk melakukan kegiatan ini di taman dekat rumah, halaman belakang rumah, atau jalur hiking jika menginginkan suasana yang berbeda. Di mana pun itu, pastikan untuk mengatur aktivitas lain selama Anda dan anak berjalan-jalan di alam. Dibandingkan hanya berjalan yang dapat memicu rasa bosan datang kembali, Anda dapat mengajak si kecil untuk melakukan berbagai aktivitas menarik seperti mengumpulkan biji pinus, menghitung pohon, atau menebak nama-nama hewan yang ada di sepanjang perjalanan.

4. Berkemah di area rumah

Tatkala musim hujan tiba, tentu akan terasa sulit bagi Anda untuk mengajak anak-anak berkegiatan outdoor. Namun, hal-hal yang menyenangkan bersama anak masih bisa Anda wujudkan secara mudah sekaligus murah dengan memanfaatkan area ruang tamu.

Di tengah dinginnya hujan, Anda dapat menyulap area ruang tamu di rumah Anda menjadi camping ground dan menciptakan kehangatan di sana.

Bangunlah tenda di ruang tamu dan berpura-puralah untuk menikmati suasana tersebut layaknya Anda sedang berada di alam bebas. Jika Anda tidak memiliki tenda portable, gunakan kain lebar bersih yang tidak dipakai (bisa selimut atau sprei) sebagai penutup dan tali rafia untuk menyatukan kain-kain tersebut.

Agar lebih seru, Anda bisa menggunakan sleeping bag, proyektor bintang-bintang, dan sound effect alam untuk merasakan sensasi tidur layaknya di bawah alam yang sesungguhnya.

Nah, itulah ide kegiatan murah yang bisa Anda jajal untuk menghibur dan meningkatkan suasana hati anak Anda. Kira-kira, kegiatan mana yang membuat Anda tertarik untuk mencobanya bersama sang buah hati?

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News