HOME, Keluarga

4 Hal yang Sebaiknya Ada di Dapur Kecil, Bikin Lebih Optimal

4 Hal yang Sebaiknya Ada di Dapur Kecil, Bikin Lebih Optimal

MOMSMONEY.ID - Tidak semua orang tinggal di rumah yang berukuran besar. Nah, pada rumah berukuran kecil, biasanya memiliki area-area dengan luas yang terbatas dan kecil pula, termasuk dapur.

Namun, dapur berukuran kecil tidak selamanya menyulitkan, kok. Asalkan didesain dan ditata dengan baik, dapur kecil Anda akan tetap terasa fungsional dan nyaman digunakan.

Nah, untuk mewujudkan dapur kecil yang fungsional, ada beberapa hal yang sebaiknya terdapat di dapur kecil Anda. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini, ya!

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Lebaran, Hari Raya Jadi Nyaman!

Rak terbuka

Dikutip dari Houzz, rak terbuka dalam bentuk ambalan (floating shelves) dapat menjadi opsi yang baik untuk dapur kecil dibandingkan rak tertutup. Sebab, rak terbuka dapat membantu memberi efek dapur yang lebih luas dan lega, apalagi jika warna raknya disamakan dengan warna dinding.

Namun, Anda perlu memperhatikan kebersihan rak terbuka di dapur, sebab rak jenis ini sangat mudah kotor dan terpapar debu.

Kabinet minimalis

Supaya tidak terlihat penuh dan berantakan, ada baiknya Anda menggunakan konsep minimalis pada dapur kecil di rumah.

Konsep ini bisa diwujudkan melalui penggunaan kabinet. Misalnya, bisa menggunakan kabinet dapur dengan model yang simpel dan berwarna netral. Saat ini, sudah banyak kabinet dapur dengan model handleless alias tanpa pegangan, sehingga membuat dapur terlihat minimalis dan elegan.

Baca Juga: 6 Tips Membersihkan Rumah Sebelum Mudik Lebaran

Tempat penyimpanan di sudut

Jika memiliki dapur berukuran kecil, sebaiknya manfaatkan setiap areanya supaya dapat berfungsi dengan optimal. Dilansir dari bhg.com, Anda bisa memanfaatkan sudut dapur sebagai tempat penyimpanan.

Anda bisa memasang kabinet hingga rak ambalan yang bisa digunakan untuk meletakkan berbagai barang. Jika memungkinkan, pasang kabinet atau rak hingga menyentuh langit-langit, sehingga memberi kesan dapur yang tinggi.

Baca Juga: 4 Alasan Anda Harus Punya Kitchen Island di Dapur

Pencahayaan yang optimal

Mungkin Anda sering mendengar bahwa ruangan kecil butuh pencahayaan yang optimal supaya ruangan tersebut terasa lebih lapang dan cerah. Hal yang sama juga berlaku di dapur kecil supaya semakin nyaman beraktivitas di dalamnya.

Ada beberapa trik mudah yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pencahayaan di dapur, seperti menggunakan warna-warna cerah, furnitur dan pernak-pernik yang minimalis, hingga mengombinasikan beragam sumber pencahayaan. Jangan ragu untuk bereksperimen hingga menemukan trik yang cocok untuk dapur Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News